Jokowi Resmi Teken Surat Pemecatan Ferdy Sambo dari Anggota Polri

Tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo/net

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meneken Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) bekas Kadiv Propam Ferdy Sambo (FS) dari anggota Polri. Namun belum dijelaskan nomor Keppresnya.

Irjen Ferdy Sambo dipecat dari Polri setelah Komisi Banding tetap memutuskan bahwa Sambo terlibat dalam kasus pembunuhan Brigadir J serta upaya penghalangan proses hukum perkara tersebut.

“Barusan kami sudah mendapatkan informasi bahwa keputusan PTDH dari istana sudah dikeluarkan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Jumat (30/9/2022).

Sebelumnya, FS sudah menjalani sidang kode etik di internal Polri. Hasilnya, FS dipecat.

FS tidak puas dengan keputusan yang dipimpin dan diketok jenderal bintang tiga, yakni Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Ahmad Dofiri. FS menyatakan banding.

Polri menerima permohonan banding FS. Namun hasilnya tetap FS dipecat secara tidak hormat. Dalam putusan disebutkan perbuatan yang dilakukan Sambo adalah tindakan tercela.

Kemudian Bidang Sumber Daya Manusia Polri langsung menindaklanjuti administrasi putusan sidang tersebut selama lima hari kerja.

“Oleh karena itu status FS secara resmi saat ini sudah tidak lagi menjadi anggota Polri,” tegas Listyo. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *