Parlemen

Jokowi Segera Kirim Surpres Revisi UU KPK

  • Whatsapp
Wakil Presiden Jusuf Kalla

INDOPOLITIKA.com- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengirim surat presiden (Surpres) kepada DPR, agar pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera dilakukan.

Namun JK enggan merinci kapan Jokowi akan menyerahkan surat tersebut. “Itu akan mungkin hari ini dilakukan,” kata JK di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (10/9).

Baca Juga:

JK menjelaskan, revisi UU KPK bukan berarti pemerintah ingin menjegal lembaga antirasuah. Sebaliknya, sambung JK, pemerintah ingin menjaga marwah KPK.

“Tapi sekali lagi, kita ingin KPK berfungsi dan dijaga tapi tentu ada batasan yang juga tidak, atau mesti ada batasannya. Tidak berdasarkan hanya suatu-suatu gerakan,” kata JK.

Sebelumnya Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan mengakui tanpa adanya surat presiden (Surpres), maka revisi UU KPK tidak mungkin dibahas. Oleh karena itu, DPR menghormati apa pun keputusan Presiden Joko Widodo, meski nantinya presiden menolak mengeluarkan Surpres.

“DPR selalu menghormati, kalau tidak keluar Surpres Pak Presiden tidak mau memilih menteri teknis untuk membahas bersama, kan enggak bisa dibahas juga (RUU KPK),” kata Arteria di kawasan Menteng, Jakpus, Sabtu (7/9).[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *