INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo sudah menegaskan sama sekali tidak berniat untuk menjadi Presiden 3 periode. Penegasan ini sekaligus mementahkan isu liar yang belakangan muncul. Bagi Jokowi, ia sudah berulang kali menyampaikan tidak ada niat untuk menjadi Presiden 3 periode.

Mengomentari penegasan Jokowi yang tidak ada niat untuk menjadi Presiden 3 periode tersebut, politisi Partai Demokrat, Benny K Harman pun menyentil politisi yang suka cari muka alias carmuk yang selalu melempar isu jabatan presiden 3 periode tersebut.

“Semoga dengan penegasan (Jokowi tidak ada niat Presiden 3 periode, red) ini, para politisi yang cari muka dengan Presiden Jokowi berhenti,” ungkap Benny melalui akun Twitternya, seperti dilihat Kamis (18/3/2021).

Dikatakan Benny, melemparkan ide untuk masa jabatan presiden 3 periode merupakan ide sangat buruk. Karenanya, kata dia, ide tersebut pun bisa menjerumuskan Jokowi. “Berhenti sosialisasikan ide buruk ini. Selain menjerumuskan Presiden juga merusak negara dan sistem konstitusi.#Liberte,” tegasnya.

Sebelumnya, Jokowi sudah menyampaikan tidak ada niat untuk menjadi Presiden 3 periode. “Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah,” ujar Presiden dalam pernyataannya di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga menegaskan sama sekali tak memiliki niat untuk menjadi presiden tiga periode. Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur masa jabatan presiden selama dua periode yang tentunya harus dipatuhi bersama.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak berminat juga menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanatkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” tuturnya.

Menurutnya, di tengah pandemi saat ini, semestinya seluruh pihak mencegah adanya kegaduhan baru dan bersama-sama seluruh elemen bangsa untuk bahu membahu membawa Indonesia keluar dari krisis pandemi dan menuju lompatan kemajuan baru.

“Janganlah membuat kegaduhan baru. Kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi,” kata Presiden. [ind]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com