Jokowi Tolak Jabatan Presiden 3 Periode Kembali Viral

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Di tengah ramainya wacana jabatan presiden menjadi 3 periode, sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu menolak wacana tersebut kembali viral di media sosial.

Salah satu yang memviralkan sikap tegas Presiden Jokowi tersebut adalah Guru Besar Ilmu Politik UIN Jakarta Saiful Mujani. Peraih gelar Master of Arts pada tahun 1998 dan Doctor of Philosophy tahun 2003 di Ohio State University dalam bidang political science tersebut, memuji sikap tegas Jokowi.

Berita Lainnya

“Betul, Pak. Yang punya pikiran agar anda sekali lagi jadi presiden adalah penumpang gelap yang menjerumuskan. Pembatasan masa jabatan 2 kali itu amanat reformasi. Kalau tidak ada reformasi, tidak mungkin orang biasa seperti bapak bisa jadi presiden,” tulis Saiful Mujani yang juga mengeshare ulang berita tanggapan Jokowi atas wacana jabatan presiden 3 periode di akun facebooknya, Sabtu (12/6/2021).

Seperti diketahui, Jokowi menyebut pengusul masa jabatan tiga periode seakan ingin menampar muka dirinya.

“Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode. Itu ada tiga [maknanya] menurut saya: Satu, ingin menampar muka saya; yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka; yang ketiga ingin menjerumuskan,” kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12/2021) lalu.

Sebulan kemudian, Jokowi kembali menegaskan tidak berminat menjadi presiden selama 3 periode.

“Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode,” kata Jokowi lewat video di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/3/2021).

Jokowi mengatakan konstitusi telah mengamanahkan masa jabatan presiden maksimal 2 periode. “Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” ujarnya.

Dia juga meminta agar tak ada kegaduhan baru di tengah kondisi pandemi Corona ini. Saat ini, yang terpenting adalah berfokus pada penanganan pandemi.

“Jangan membuat kegaduhan baru, kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi,” ucap Jokowi. [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *