Jokowi Undang Presiden Korsel Hadiri Pembukaan Asian Games

  • Whatsapp
Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) saat berkunjung ke Indonesia, November 2017. (Foto: AFP)

Seoul: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, hari ini di Gedung Biru. Ia menyampaikan undangan dari Presiden RI Joko Widodo agar Moon menghadiri pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018.

Bertemu dengan Moon, Menlu Retno mengatakan bahwa Asian Games yang sebulan lagi akan digelar di Jakarta dan Palembang, harus menjadi ajang untuk merekatkan persahabatan.

"Asian Games tidak hanya sebagai ajang kompetisi olahraga,  tetapi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk merekatkan persahabatan dan perdamaian," kata Menlu Retno, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI kepada Medcom.id, Jumat 27 Juli 2018.

Menlu Retno juga menyambut baik rencana Korsel dan Korea Utara untuk membentuk tim bersama pada beberapa cabang di Asian Games 2018 antara lain bola basket wanita, kano dan dayung. 

Secara khusus, Moon menyampaikan penghargaan terhadap konsistensi Indonesia dalam mendukung perdamaian di Semenanjung Korea di mana ia merujuk pada pesan perdamaian yang disampaikan Jokowi kepada Duta Besar Korsel dan Korut, April lalu, di Istana Negara.

Menlu Retno dan Moon juga sepakat untuk meningkatkan berbagai kerja sama dua negara salah satunya tidak lanjut Special Strategic Partnership yang telah dimiliki oleh kedua negara.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan