Jubir Polri Untuk Pertama Kalinya Dijabat Polwan, Ini Profil Kombes Pol Nurul Azizah

Kombes. Pol. Nurul Azizah

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Kepolisian (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan anggotanya yang berada di tingkat perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati).

Salah satu nama yang dirotasi adalah Kombes Gatot Repli Handoko yang merupakan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri. Kini posisi itu untuk pertama kalinya dijabat dari kalangan polisi wanita (polwan), yakni Kombes. Pol. Nurul Azizah.

Bacaan Lainnya

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 dan ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada

Dengan demikian, Nurul Azizah akan menjadi salah satu juru bicara yang mewakili institusi Polri

“Pak Kapolri memberikan kesempatan kepada polwan, yakni, Kombes Nurul Azizah untuk menempati posisi Kabagpenum Divisi Humas Polri,” kata Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, Jakarta, Selasa (21/6/22).

Nurul Azizah merupakan perempuan asal Banyubiru, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ia lahir dari orang tua yang berprofesi sebagai guru agama sekolah dasar.

Jabatan terakhir alumnus Akpol 1991 itu ialah Ketua Program Studi S3 Ditprogram Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

Konon, dari sekitar 300 lulusan, ada 32 orang yang mendapat kesempatan ikut kursus komputer (Dasba Operator Komputer Hankam 1992).

Nurul kemudian mengambil D3 Ilmu Kepolisian pada 1994 dan lulus 1997.

Setahun berlalu, Nurul pun melanjutkan ke Setukpa Polwan 1998. Pada Agustus 1998, Nurul sudah berpangkat letnan dua atau inspektur polisi dua. Dua tahun kemudian, Nurul ditarik ke Mabes Polri, menjadi Staf Perencanaan Umum dan Anggaran (Srena).

Nurul kemudian memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikannya, S1 ilmu kepolisian PTIK pada 2005. Di tahun itu juga, perempuan yang karib disapa Mbak Nurul berpangkat ajun komisaris polisi atau AKP.

Polisi pertama yang menjadi juru bicara Polri itu makin banyak berkutat di bidang perencanaan, pengembangan hingga penganggaran Korps Bhayangkara.

Pada 2009, Nurul naik pangkat menjadi komisaris polisi. Setahun menjadi perwira menengah Polri, Nurul menempuh pendidikan S2 ilmu kepolisian di UI hingga 2012.

Lalu pada Juli 2014, Nurul Azizah pun berpangkat ajun komisaris besar polisi atau AKBP.

Dari situ, Nurul makin menggeluti SDM Polri, ditambah lagi dengan jabatannya sebagai Kasubbag Prodi S3 STIK PTIK (2015), Kasubbag Monev Tala Rolemtala Srena Polri (2017), Kasubbaglemwil Baglem Rolemtala Srena Polri (2018) dan Kabag Jianalis Rolemtala Srena Polri (2019).

Pada Januari 2020, Nurul yang menapak dunia kepolisian dari bintara itu menjadi komisaris besar polisi. Nurul merupakan salah satu di antara sejumlah sosok yang mendorong terbentuknya puluhan polres baru di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.