Internasional

Jurnalis Arab Saudi Hilang, Turki Periksa Semua Kamera Pengintai

Turki intensifkan pencarian Jamal Khashoggi. (Foto: AFP)

Istanbul: Otoritas Turki akhirnya memeriksa semua kamera pengintai (CCTV) jalan raya, terutama yang menghadap Konsulat Arab Saudi di Istanbul sehubungan dengan hilangnya jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi, sejak pekan lalu.

Khashoggi diduga dibunuh di dalam konsulat negaranya sendiri. Jurnalis Washington Post ini memang kerap mengkritik pemerintahan Arab Saudi, termasuk kebijakan dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman. 

Khashoggi juga sempat berada di pengasingan di Amerika Serikat selama bertahun-tahun. Di Post, ia pernah menulis tentang program reformasi Kerajaan Arab Saudi. 

Baca: Turki Duga Khashoggi Dibunuh di Konsulat Arab Saudi

Dilansir dari kantor berita Guardian, Selasa 9 Oktober 2018, rekaman kamera keamanan menunjukkan ada kotak yang dimasukkan ke dalam salah satu van yang berpelat nomor diplomatik ini. 

Terlihat enam mobil meninggalkan konsulat. Kemudian, tiga berbelok ke kiri dan tiga lainnya belok ke kanan. Para penyelidik Turki mengatakan, salah satu van berwarna hitam dicurigai membawa jasad Khashoggi.

Para pejabat konsulat mengaku bahwa Khashoggi telah meninggalkan konsulat dua jam sebelum enam mobil itu pergi. 

Hampir sepekan setelah Khashoggi hilang, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak Riyadh untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. 

Baca: Wartawan Arab Saudi Pengkritik Pemerintah Hilang di Turki

"Kami harus mendapatkan hasil dari penyelidikan ini sesegera mungkin," kata Erdogan.

Selain itu, catatan penerbangan menunjukkan dua pesawat Arab Saudi tiba di Bandara Ataturk, Istanbul pada hari Selasa pekan lalu dan berangkat secara terpisah pada hari yang sama, beberapa jam setelah Khashoggi terakhir terlihat.

Otoritas Arab Saudi bersikeras bahwa mereka tidak melakukan apa yang dituduhkan Turki, yaitu sengaja membunuh Khassogi di dalam konsulat. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close