Justru Ulah Pejabat Negara yang Sebabkan Nilai Pancasila Mulai Terkikis di Masyarakat

Sekretaris Jenderal PPP yang juga anggota Panja Revisi KUHP Arsul Sani

INDOPOLITIKA.COM – Nilai-nilai Pancasila di masyarakat mulai terkikis. Kondisi ini terjadi akibat ulah dari petinggi negara itu sendiri.

Pendapat itu disampaikan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani, ia menduga kondisi ini terjadi karena generasi sekarang, khususnya yang menjadi bagian dari pemegang kekuasaan, baik di rumpun eksekutif, legislatif maupun yudikatif, semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila.

Politisi PPP ini menyinggung mulai dari perilaku pribadi, seperti korup, hidup berkemewahan, hingga bergaya kebarat-baratan yang dilakukan mereka.

“Maka, kalau generasi muda menjadi jauh juga dari nilai-nilai Pancasila, tidak sepatutnya mereka disalahkan. Kondisi saat ini memang mengkhawatirkan,” kata Arsul dikutip dari Republika.co.id, Selasa (2/6/2021).

“Tapi,” kata Arsul melanjutkan, “Jika bicaranya hanya generasi muda tanpa generasi yang tua dan memegang peran tidak juga mengubah perilaku dirinya, maka tidak fair dan jangan berharap ada perubahan dari generasi muda.”

Arsul menyindir, baik pemerintah maupun lembaga di rumpun kekuasaan lainnya, baru membumikan Pancasila pada tataran ceramah dan pidato. Dengan demikian, menurutnya, belum cukup melakukan proses internalisasi melalui kebijakan dan keputusan konkrit.

“Ini bisa dilihat dari masih banyaknya gaya hidup pejabat dan petinggi kita yang tidak bisa dikatakan sebagai hidup sederhana. Padahal, mencontohkan hidup sederhana ini bisa menjadi pintu masuk yang kuat untuk melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih luas,” ujar Arsul.

Arsul Sani menyatakan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar bernegara sebenarnya masih dipegang dan diyakini anak-anak bangsa yang berbhineka. Ia optimistis publik akan tetap komitmen mempertahankan itu sebagai sarana mempertahankan keutuhan NKRI.

“Pancasila itu titik temu (kalimatun syawa’). Selama kita masih komit mempertahankan NKRI ini maka selama itu pula Pancasila akan tetap relevan bagi negara kita,” ucap dia. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *