Kabar Baik! BPS Ungkap 5,89 Ribu Orang Sumsel Keluar dari Kemiskinan

  • Whatsapp
Kepala BPS Sumsel Zulkipli

INDOPOLITIKA.COM – Meski dalam suasana wabah pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil menurunkan jumlah rakyat miskin di provinsi ini.

Dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, jumlah penduduk miskin di Sumsel pada Maret 2021 yakni sebanyak 1.113,76 ribu orang atau sebesar 12,84 persen dari total penduduk.

Berita Lainnya

Jika dibandingkan dengan angka kemiskinan pada bulan September 2020 sebesar 1.119,65 ribu orang atau 12,98 persen, maka selama enam bulan atau pada kurun waktu September 2020-Maret 2021 terjadi penurunan angka kemiskinan sebesar sebesar 5,89 ribu orang atau 0,14 persen.

“Semoga ke depannya penurunan seperti ini terus terjadi, salah satunya melalui program yang dilakukan pemerintah daerah,” kata Kepala BPS Sumsel Zulkipli, Kamis (15/7/2021).

Zulkipli melaporkan jumlah penduduk miskin di Sumsel pada Maret 2021 tercatat sebanyak 1.113,76 ribu. Jika dibandingkan dengan September 2020, terjadi penurunan sebesar 5,89 ribu orang.

Dia juga mengatakan angka penduduk miskin di desa lebih tinggi dibandingkan penduduk kota, sehingga perlu adanya perhatian khusus agar langkah yang diambil lebih terarah.

Lanjutnya, pihak BPS juga menyampaikan garis kemiskinan Sumsel sebesar 457,455 per kapita yang dipengaruhi oleh beberapa komoditas, baik makanan dan nonmakanan.

“Komoditas makanan menyumbang 74,45% terhadap garis kemiskinan di Sumsel,” jelasnya.

Komoditas makanan yang memberi pengaruh besar terhadap garis kemiskinan yaitu didominasi oleh beras dan rokok kretek filter.

Adapun 25,55% komoditi nonmakanan terdiri dari perumahan, bensin, listrik, pendidikan, perlengkapan mandi, air, angkutan, kesehatan, perawatan kulit dan pakaian jadi perempuan.

Kemudian saat disinggung mengenai Sumsel yang masih berada pada predikat 10 provinsi termiskin, Zulkifli menyampaikan bahwa pemerintah daerah (Pemda) terus melakukan upaya pemulihan serta penurunan tingkat kemiskinan di Sumsel. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *