Kabar Duka! Terry Venables, Mantan Pelatih Inggris, Barcelona dan Spurs Meninggal Dunia 

Mantan manajer tim nasional sepak bola Inggris, Tottenham Hotspur dan Barcelona Terry Venables meninggal dunia. Foto: Reuters

INDOPOLITIKA.COM – Berita duka datang dari dunia sepak bola. Terry Venables, mantan manajer tim nasional sepak bola Inggris, Tottenham Hotspur dan Barcelona, meninggal dunia dalam usia 80 tahun setelah menderita sakit. 

Terry Venables adalah sosok yang membawa Inggris ke semifinal Kejuaraan Eropa 1996 di kandang sendiri sebelum kalah dari Jerman melalui adu penalti. 

 “Kami benar-benar terpukul dengan kehilangan suami dan ayah yang luar biasa yang meninggal dengan tenang kemarin setelah sakit yang lama,” kata keluarganya dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.  

Selain masa jabatannya sebagai pelatih Tottenham, di mana ia memenangkan Piala FA pada musim 1990-91, ia juga pernah menangani Crystal Palace, Leeds United, dan Barcelona dalam karier manajerial yang gemilang.  

Selama berada di Barcelona, Venables mendapat julukan El Tel, memenangkan La Liga dan mencapai final Piala Eropa pada tahun 1986.  

Venables juga bertanggung jawab dalam mendatangkan striker Inggris Gary Lineker dan Mark Hughes ke Nou Camp. 

“Pelatih terbaik dan paling inovatif yang pernah bermain bersama saya,” tulis Lineker, yang juga pernah bermain di bawah asuhan Venables di Spurs dan timnas Inggris, di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.  

“Dia lebih dari sekadar manajer hebat, dia bersemangat, dia menawan, dia jenaka, dia seorang teman.”  

Venables memulai karier profesionalnya sebagai pemain bersama Chelsea pada tahun 1960 dan bermain untuk Tottenham Hotspur, Queens Park Rangers dan Crystal Palace sebelum pensiun untuk mengambil alih peran manajer di sana.  

Sebagai pemain, ia tampil lebih dari 500 kali di liga dan memenangkan Piala Liga bersama Chelsea pada tahun 1965 dan Piala FA bersama Spurs pada tahun 1967. Dia membuat dua penampilan internasional untuk Inggris. 

Venables juga pernah menjabat selama dua tahun sebagai kepala eksekutif Spurs dari 1991-93.  

“Kami sangat sedih mengetahui meninggalnya Terry Venables, mantan pemain, manajer, dan kepala eksekutif kami, yang meninggal dunia pada hari Sabtu,” kata Spurs dalam sebuah pernyataan. 

Klub mengatakan mereka akan memberikan penghormatan untuk mengenangnya dengan mengheningkan cipta selama satu menit sebelum pertandingan Liga Premier mereka dengan Aston Villa pada hari Minggu. 

 Asosiasi Manajer Liga juga memberikan penghormatan kepadanya. 

“LMA sangat sedih mendengar kabar meninggalnya anggota LMA dan mantan Presiden LMA Terry Venables,” kata kepala eksekutif LMA, Richard Bevan. 

“Pikiran kami bersama Yvette dan semua keluarga Terry saat ini,” sebutnya. [Red] 

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *