Kader Banteng Berbeda Pendapat Soal Wacana Penghapusan Tenaga Honorer

  • Whatsapp
Tjaho Kumolo dan Ganjar Pranowo.

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Pendayagunaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo ngotot berupaya menggenjot rencana penghapusan tenaga honorer, koleganya di PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo justru berharap tenaga honorer jangan dihapuskan.

Ganjar berpendapat, rencana penghapusan tenaga honorer akan menyulitkan pemenuhan kebutuhan pegawai di sejumlah instansi.

Bacaan Lainnya

“Kalau itu dihapus dan tidak boleh, maka kita kekurangan pegawai. Guru saja kita kurang, kalau itu dipangkas, kita ‘ndak’ ada guru, lho yang mau ngisi siapa?” katanya di Semarang, Kamis (23/01/2020).

Menurut Ganjar, kekurangan yang paling terasa adalah tenaga pendidik atau guru apabila wacana penghapusan tenaga honorer ini jadi dilaksanakan.

Selama ini, lanjut Ganjar, negara belum mampu menyediakan pegawai sesuai kebutuhan sehingga di beberapa daerah, pengangkatan tenaga honorer menjadi pegawai tetap adalah salah satu cara untuk menutupi kekurangan.

“Tapi syaratnya daerah yang mengangkat honorer harus membiayai sendiri, tidak membebani pemerintah pusat. Saya kira, itu solusi yang sangat bagus,” ujarnya.

Orang nomor satu di Jateng itu menegaskan, selama negara belum mampu memberikan pegawai sesuai kebutuhan, maka harus ada inovasi untuk mengisi kekosongan itu.

Misalnya, dijelaskan Ganjar, dengan jalan melalui format pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) atau untuk menghindari honorer ya tenaga itu tinggal dikontrakkan saja.

Selain itu, masih banyak inovasi lain yang bisa dilakukan untuk pemenuhan pegawai dan semua dapat dilakukan agar pelayanan publik tidak terganggu.

“Ketika pemerintah belum sanggup memberikan jaminan suplai pegawai, maka tenaga kontrak diperlukan. Tinggal formatnya apa P3K, harian lepas atau konsep honorer. Kalau honorer sekarang tidak boleh, kita pakai ‘harlep’ saja,” ujar Ganjar.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *