Kaitkan Wagub DKI Kosong dengan Anggaran Aneh, PDIP Sebut PKS Tak Cermat

  • Whatsapp
Gembong Warsono

INDOPOLITIKA.COM – PKS menilai polemik anggaran aneh yang terjadi di RAPBD 2020 disebabkan kekosongan kursi Wakil Gubernur DKI untuk membantu Anis Baswedan bekerja. Menanggapi hal ini, PDIP menilai PKS tidak cermat.

“Ya nggak ada urusan, ada wagub nggak ada wagub nggak terpengaruh dengan kecermatan melakukan penganggaran untuk satu tahun ke depan. Jadi nggak ada urusan itu, ada wakil atau tidak ada wakil. Karena toh ada wakil pun yang mengerjakan bukan wakil. Ini kan konsep Bappeda, kalau itu dijadikan alasan itu nggak cermat,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono, Sabtu (2/10/2019) malam.

Baca Juga:

Gembong mengatakan anggaran merupakan kewenangan Bappeda. Dia menilai ada atau tidaknya wakil gubernur tidak terkait dengan pengelolaan anggaran tersebut.

“Ini soal perencanaan, kalau bicara wakil gubernur, ini kan soal eksekusi terhadap perencanaan yang sudah dilakukan oleh Bappeda. Hal nya berbeda, nggak ada hubungan,” jelasnya.

Mengenai pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gembong mengakui hal itu merupakan kewenangan PKS dan Gerindra. Namun dia menyebut salah satu nama yang ada saat ini dipersoalkan oleh DPRD DKI Jakarta.

“Pak Syaikhu kan sudah di DPR RI. Kita masih paham pemilu dengan rezim pemilunya. Kalau rezim pemilu kepala daerah kan harus mengundurkan diri. Kalau bicara gubernur kan rezimnya, rezim pilkada. Jadi perlu ada pemahaman yang sama soal pengisian jabatan wakil gubernur itu. Bagaimana kalau diiisi oleh anggota DPR RI yang sedang menjabat, apakah yang bersangkutan harus mundur kan itu harus clear dulu,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua F-PKS DPRD DKI M Arifin kekosongan kursi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang ditinggalkan selama 16 bulan ini menjadi salah satu penyebab adanya masalah di penyusunan anggaran untuk APBD tahun 2020.

“Puncaknya, terlihat pada penyusunan anggaran 2020 saat ini, yang akhirnya ramai,” sebut Arifin, yang juga Ketua MPW PKS DKI Jakarta ini.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *