Kajian Pemindahan Ibukota Jabar Rampung 6 Bulan Lagi  

  • Whatsapp
Samsung

INDOPOLITIKA – Rencana pemindahan Ibukota Jawa Barat dari Bandung tampaknya menjadi wacana serius. Kajian dan rencana pemindahan akan tengah dilakukan dan akan rampung dalam waktu enam bulan ke depan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami di Kantor Gubernur Jawa Barat, Kota Bandung, baru-baru ini. “Wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga:

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, alasan pemindahan itu tak jauh berbeda dengan pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Kang Emil menyebut Kota Bandung serupa dengan Kota Jakarta.

“Sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah) dan tidak produktif,” katanya.

Lebih lanjut, Kang Emil mengatakan, kajian pemindahan ibukota Jabar akan dilaksanakan dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Kajian itu meliputi aksesibilitas hingga ketersediaan air.

Sebelumnya, rencana itu telah mendapat persetujuan dari DPRD Jawa Barat 2019-2024.

“Sudah ada persetujuan (DPRD Jawa Barat) wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi. Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana,” kata Kang Emil.

Ia belum mau mengungkapkan alasan tiga wilayah itu yang sementara diproyeksikan jadi ibu kota baru Jabar. Meski begitu, Kang Emil menyebut masih membuka opsi wilayah lain. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *