Kalahkan Myanmar Lewat Adu Pinalti, Indonesia Melaju ke Final Piala AFF U-16 2022

INDOPOLITIKA.COM – Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke final Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Myanmar melalui adu pinalti 5-4 di semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) malam.

Indonesia mengawali pertandingan dengan bermain lebih aktif dengan memainkan permainan cepat. Indonesia terus mencoba mencari celah di lini pertahanan Myanmar yang bermain parkir bus. Pada menit ke-39 sundulan Kaka juga masih menyamping di sisi kiri gawang lawan usai meneruskan sepak pojok dari rekannya.

Myanmar yang jarang dapat peluang justru mampu mencuri gol pada menit ke-44 lewat sontekan Nay Min Htet.

Gol tercipta setelah kiper Indonesia Andrika Fathir Rachman memenangkan duel udara, namun bola jatuh ke kaki Nay Min Htet dan langsung menyontek bola ke gawang Indonesia.

Pada babak kedua, Garuda Muda terus menekan guna mencari gol penyeimbang. Indonesia mendapatkan beberapa peluang, namun tendangan ataupun heading belum menembus jala gawang Myanmar dijaga Sai Thi Ha.

Gol penyemangat pun lahir dari eksekusi tendangan bebas gelandang M. Riski Afrizal menit ke 69. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1.

Myanmar yang bermain bertahan sejak awal babak kedua, mencoba untuk inisiatif menyerang pertahanan Indonesia. Indonesia mampu meladeni serangan tersebut, dan penguasaan bola kembali dimiliki Indonesia.

Namun tetap tidak ada gol yang tercipta. Wasit pun meniupkan peluit untuk melanjutkan pertandingan ke babak penalti.

Dewi fortuna rupanya berpihak kepada Indonesia, semua eksekusi penalti yang dilancarkan pasukan Garuda Muda berhasil menjadi gol. Pencetak gol tersebut adalah sang kapten Indonesia Muhamad Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka Putra, M. Riski Afrisal, dan gol kemenangan dari M Nabil Asyura.

Sementara satu-satunya pemain Myanmar yang gagal menjadikan gol ialah Shine Wana Aung. Penjaga gawang Indonesia Andrika Fathir Rachman berhasil membaca arah tendangan Shine, kemenangan pun didapat Indonesia.

Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di laga Final Piala AFF U16 dimana laga akan dimainkan pada Jumat 12 Agustus mendatang. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.