Kamala Harris, Wanita Keturunan Asia Pilihan Joe Biden sebagai Pasangan Cawapres Lawan Trump

  • Whatsapp
Former Vice President Joe Biden and Senator Kamala Harris speak on September 12, 2020, in Houston, Texas, after the third Democratic primary debate of the 2020 presidential campaign season hosted by ABC News in partnership with Univision at Texas Southern University in Houston, Texas. - Biden named Harris, a high-profile black senator from California, as his vice presidential choice on August 11, 2020, capping a months-long search for a Democratic partner to challenge President Donald Trump in November. (Photo by Robyn Beck / AFP)

INDOPOLITIKA.COM – Calon presiden dari Partai Demokrat Amerika Serikat (AS) Joe Biden memilih Kamala Harris sebagai calon wakil presiden (cawapres), Selasa (11/8/2020). Harris adalah perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang bertarung dalam Pilpres AS sebagai calon wakil presiden.

Pernah digadang-gadang sebagai bakal calon presiden, Senator California keturunan India-Jamaika ini telah lama dianggap sebagai kandidat yang paling diunggulkan untuk mengisi posisi calon wakil presiden AS.

Berita Lainnya

Mantan Jaksa Agung California ini dikenal sebagai sosok yang gencar menyerukan reformasi kepolisian di tengah protes anti-rasisme.

Berbekal pandangan politik dan pengaruhnya, dia akan mendampingi Joe Biden dalam menghadapi calon petahana Donald Trump pada pemilihan presiden, 3 November mendatang.

Dalam pernyataan publik pertama sebagai cawapres, Harris mengaku “merasa terhormat” untuk bergabung dengan Biden. Lewat akun Twitter, dia berjanji akan melakukan apa yang diperlukan untuk menjadikan Biden sebagai presiden AS.

Tim kampanye Biden mengatakan Biden dan Harris akan membuat penampilan bersama pertama pada hari Rabu (12/8/2020) di Wilmington, Delaware, tempat Biden tinggal. Biden memang telah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam beberapa bulan terakhir membatasi perjalanan kampanye karena pandemi virus corona.

Harris adalah seorang senator dari California yang mencalonkan diri sendiri untuk Gedung Putih sebelum mengundurkan diri dan mendukung Biden. Dia menjadi politisi yang sangat berpengalaman yang telah diuji oleh kerasnya kampanye presiden 2020 saat mereka menuju ke pertarungan terakhir saat Pemilu 3 November.

“Saya mendapat kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih @KamalaHarris – petarung tak kenal takut untuk si kecil, dan salah satu abdi negeri terbaik – sebagai pasangan saya,” kata Biden di Twitter.

Pengumuman yang telah lama dinantikan datang kurang dari seminggu sebelum Konvensi Nasional Demokrat yakni 17-20 Agustus. Sebagian besar acara konvensi akan diadakan secara daring karena pandemi virus corona.

Mantan Presiden AS, Barack Obama, yang menjadikan Biden sebagai wapres selama delapan tahun, mencuit:

“Dia [Harris] lebih dari siap untuk jabatan ini. Dia menghabiskan kariernya membela Konstitusi kita dan berjuang untuk kaum yang memerlukan keadilan. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *