Internasional

Kanada Tetap Buka Dialog dengan Arab Saudi

PM Kanada Justin Trudeau. (Foto: AFP)

Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, meski hubungan diplomatik telah putus, ia tetap membuka dialog dengan Arab Saudi, terutama usai Arab Saudi menuntut akan menghukum mati lima aktivis perempuan.

"Kami terus terlibat pembicaraan secara diplomatis dengan Arab Saudi. Saya pikir penting untuk memiliki hubungan positif dengan negara-negara di seluruh dunia," kata Trudeau, dikutip dari AFP, Jumat 24 Agustus 2018.

Pembicaraan tersebut disinyalir adalah pembicaraan untuk rujuk dengan Arab Saudi, meski Trudeau tak menjelaskan secara rinci. 

Baca: Dubes Arab Saudi Sebut Kanada Intervensi Urusan Dalam Negeri

"Kami juga menyampaikan keprihatinan kami dengan ancaman hukuman mati Arab Saudi terhadap aktivis perempuan. Keprihatinan kami untuk membela HAM di seluruh dunia," lanjut dia.

Kisruh hubungan Kanada dan Arab Saudi bermula saat Kanada mengomentari ancaman hukuman mati Arab Saudi terhadap aktivis HAM bernama Israa al-Ghomgham.

Selaku aktivis terkemuka, al-Ghomgham mendokumentasikan demonstrasi massal di Provinsi Timur kerajaan mulai tahun 2011, sebelum ditangkap bersama suaminya pada 2015.
 
Ghomgham dan aktivis lainnya sedang disidangkan oleh Pengadilan Pidana Khusus Arab Saudi (SCC), yang dibentuk pada 2008 buat mengadili kasus-kasus terorisme dan sejak itu digunakan untuk mengadili para pembangkang damai.

Baca: 5 Aktivis Perempuan Arab Saudi Dituntut Hukuman Mati

Bersamaan dengan itu, penangkapan sedang berlangsung terhadap para aktivis hak perempuan Saudi terkemuka. Mereka secara terbuka mengadvokasi kesetaraan gender, hak bagi perempuan untuk mendorong dan mengakhiri sistem perwalian laki-laki di negara itu, yang mengancam citra Bin Salman sebagai seorang reformis.
 
Setidaknya 13 wanita telah ditangkap sejak Mei. Sementara jumlahnya telah dirilis, sembilan tetap ditahan tanpa tuntutan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close