Kandidat Bermasalah, PSI ‘Ogah’ Dukung Anies di Pilpres 2024

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie memastikan partainya tidak akan mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Grace mengatakan dengan tegas PSI tak akan mendukung kandidat yang bermasalah dalam hal intoleransi dan korupsi.

“Sudah sangat jelas, PSI tidak akan mendukung Mas Anies di Pilpres 2024. Kami memeluk teguh prinsip antiintoleransi dan antikorupsi. Maka, tak mungkin kami mendukung kandidat yang bermasalah dalam dua atau salah satu prinsip tersebut,” Grace Natalie di akun Twitter, DPP PSI, Minggu (19/6/2022).

Pernyataan itu disampaikan Grace setelah sempat muncul sekelompok orang yang membawa spanduk deklarasi Anies Baswedan dan Grace Natalie sebagai pasangan di Pilpres 2024. Foto tersebut beredar di media sosial.

Grace menerangkan, partainya memegang teguh prinsip antiintoleransi dan antikorupsi. Baginya, prinsip itu harus ditegakkan sebaik-baiknya.

“Prinsip harus ditegakkan dengan sebaik-baiknya. PSI menolak untuk bersikap pragmatis dan oportunis,” ujarnya.

Grace mengungkap pihaknya telah menjaring sembilan nama yang akan dijagokan PSI untuk menjadi capres pada Pemilu 2024. Dari sembilan nama itu, kata Grace, tak ada nama Anies Baswedan.

“Sembilan nama hasil penjaringan teman-teman PSI di daerah itulah yang masuk dalam Rembuk Rakyat PSI. Nama Mas Anies tidak ada di sana,” tegas Grace.

Seperti diketahui, PSI selalu bersikap oposan terhadap Anies Baswedan. Ketum PSI Giring Ganesha bahkan berulang kali mengkritik pelaksanaan Formula E, dari awal hingga pelaksanaannya selesai.

Sementara itu, Anies baru saja ditetapkan Partai NasDem sebagai salah satu bakal calon presiden bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika.

Anies Baswedan mengapresiasi langkah Partai NasDem yang memasukkan namanya sebagai salah satu calon presiden. Anies menilai, Surya Paloh telah membuat terobosan baru dalam mekanisme penunjukan bakal calon.

“Saya ingin sampaikan respect karena Partai NasDem pimpinan Pak Surya Paloh telah membuat terobosan baru di mana pengusulan nama-nama untuk kepentingan nasional diberikan kepada pimpinan wilayah, karena wilayah yang mengusulkan nama,” kata Anies di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022).[fed]


Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.