Kans Revisi UU KPK Baru Tipis, Saut: Apakah Kita Kiamat? Engga Juga

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengungkapkan bahwa KPK tidak akan mengendurkan upaya pemberantasan korupsi walaupun UU KPK yang baru dinilai melemahkan kewenangan pimpinan KPK.

Saut mengutarakan, tak kunjung dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK oleh Presiden Joko Widodo ataupun tetap berlakunya UU KPK yang baru, disebutnya, bukanlah akhir dari lembaga antirasuah.

BACA JUGA:

“KPK masih tetap jalan. Kalau pun revisi UU itu enggak berubah lagi, apakah kita kiamat? enggak juga,” kata dia saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).

Yang perlu dikhawatirkan, menurut Saut, adalah mengenai kebanggaan para pegawai KPK yang sepertinya mulai luntur. Hal itu diakui saut, para pegawai KPK tidak lagi merasa bangga karena posisinya akan disamakan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Orang-orang baik di KPK masih banyak walaupun sudah mulai ada yang mundur. Ya enggak bangga lagi bekerja disitu, membayangkan ASN itu gimana. Itu yang dikhawatirkan,” ujarnya.

Karena itu, Saut menegaskan, Pemerintah Pusat harus memberikan kewenangan penuh KPK untuk memimpin agenda pemberantasan korupsi, termasuk dalam melakukan pencegahannya.

“Kita mulai masuk ke detail-detail itu sampai ke daerah, mari kita duduk sama-sama. Ini kan negara kita. Kalau mau berubah mari kita urut satu-satu detailnya dan biar KPK yang me-lead agenda itu (pemberantasan korupsi),” tandasnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *