Kapal China Masih Bandel, TNI Gelar Operasi Siaga Tempur di Natuna

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kapal-kapal China masih membandel berada di lautan Natuna. Bahkan mereka tak gentar meski TNI telah mengerahkan kapal-kapal perang di lautan tersebut.

Minggu (5/1/2020), beberapa kapal China masih berada di Perairan Ranai, Natuna dan menangkap ikan di lautan itu. Bahkan dua kapal Cost Quard China terlihat mengawal kapal-kapal tersebut.

Bacaan Lainnya

TNI pun mulai menjalankan Operasi Siaga Tempur di Laut Natuna sejak Jumat (3/1/2020) lalu. Operasi berada di bawah kendali Kogabwilhan I.

TNI mengerahkan 600 personel, terdiri dari 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati, 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, unsur KRI Teuku Umar 385 dan KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar, serta 1 Kompi TNI AU (Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna).

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I TNI Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, TNI telah berupaya mengusir kapal-kapal asing tersebut.

“Kami juga berkomunikasi dengan kapal guard coast China agar mereka meninggalkan kawasan yang masuk perairan tersebut,” katanya di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, melalui keterangannya, Minggu (5/1/2020).

Yudo menambahkan TNI akan menambah lagi kekuatan dengan mengirimkan 4 unsur KRI agar kapal-kapal itu segera hengkang dari perairan Indonesia.

Lebih lanjut, Yudo mengatakan, kapal Coast Guard yang berada di Laut Natuna adalah perwakilan dari pemerintah China. Mereka sudah diberikan pemahaman terkait keberadaan mereka (kapal) di perairan Natuna.

“Kapal pemerintah Tiongkok yang sebenarnya sudah mengetahui aturan internasional, dan sudah mengetahui kebijakan pemerintah Indonesia,” tambah dia.

Mantan Pangkoramada I itu meminta nelayan di Natuna tak takut untuk melaut. TNI dan Bakamla akan menjaga keamanan di Laut Natuna.

“Kepada para Nelayan Indonesia yang berada di perairan Natuna, Pangkogabwilhan I mengatakan agar tidak resah dan terganggu atas situasi dan kondisi serta keberadaan Coast Guard dan kapal asing tersebut,” ujar dia.

“Keamanan laut merupakan tugas dari TNI, saat ini sudah tindaklanjuti oleh adanya patroli Kapal Perang Indonesia (KRI) di perairan Natuna yang menjaga wilayah kedaulatan Indonesia,” ucap dia.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *