Internasional

Kapal Ikan Tenggelam di Atlantik, 8 ABK WNI Selamat

Kapal ikan Dorneda berbendera Spanyol. (Foto: kemlu.go.id.)

Buenos Aires: Sebuah kapal ikan Dorneda berbendera Spanyol tenggelam di Samudera Atlantik pada 12 Juli kemarin. Di antara 27 kru kapal, 25 orang berhasil diselamatkan termasuk delapan ABK asal Indonesia.

Begitu menerima kabar tersebut, KBRI Buenos Aires langsung berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Argentina. 

"Kapal tersebut berada sekitar 308 mil laut dari kota pelabuhan Comodoro Rivadavia. Dua kapal terdekat, Beagle I dan Farruco kemudian diperintahkan untuk mendatangi lokasi kapal Dorneda," bunyi pernyataan Kemenlu Argentina yang diterima KBRI Buenos Aires, dikutip dari kemlu.go.id, Rabu 18 Juli 2018.

Kapal Beagle I yang membawa sembilan kru kapal yang selamat, termasuk satu ABK WNI akan menuju Pelabuhan Mar del Plata, Argentina pada 15 Juli sore hari waktu setempat.

Sedangkan tujuh ABK WNI lainnya yang selamat dibawa oleh kapal Farruco menuju ke Pelabuhan Montevideo, Uruguay beserta 16 kru kapal lain yang diselamatkan.

KRBI Buenos Aires tengah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk otoritas di Argentina dan Uruguay untuk membantu pemulangan seluruh ABK WNI untuk kembali ke tanah.

"Keselamatan WNI di luar negeri adalah prioritas dan salah satu tugas utama KBRI Buenos Aires," kata Dubes RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie. 

Menurut laporan, satu ABK bernama Sudarmanto Masuridin yang terpisah dari ABK lainnya sudah dipulangkan ke Indonesia pada Minggu malam kemarin. Umumnya, delapan ABK ini berasal dari Tegal, Pemalang dan Brebes. 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close