Kapal Illegal Fishing Yang disita Akan Diberikan Kepada Nelayan

  • Whatsapp
Menteri KKP Edhy Prabowo

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bakal mempertimbangkan kapal illegal fishing diberikan kepada nelayan. Kata dia, dari pada kapal sitaan Kejaksaan ditenggelamkan lebih baik diberikan kepada nelayan yang membutuhkan.

Kata Edhy, dirinya tidak akan mengikuti jejak pendahulunya untuk menenggelamkan kapal yang tertangkap lantaran mencuri ikan diperairan Indonesia. Sebab kata dia, masih banyak nelayan yang harus dibantu dan diberikan pembinaan agar bisa mengoperasikan kapal sitaan tersebut.

Berita Lainnya

Langkah yang diambil ini kata dia, sudah melalui pembicaraan dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Edhy menilai bukan saatnya untuk fokus pada peneggelaman kapal illegal fishing. Melainkan fokus untuk memberikan pembinaan kepada nelayan dan pembudidaya perikanan yang bertujuan untuk menghidupkan perekonomian nelayan.

“Kalau jargon penenggelaman kapal terus yang kita lakukan sementara pembinaan kepada nelayan dan pembudidaya ikan kita juga nggak ada, nggak jalan nggak ada gunanya,” kata Edhy di Menara Kadin, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Lebih lanjut, Edhy juga tidak akan saklek.  Kalau memang pengadilan memutuskan untuk menenggelamkan kapal illegal fishing, dirinya akan menghormati keputusan itu.

“Penenggelaman kapal itu tetap kita akan lakukan kalau memang ada siapa pelanggarnya, tapi kalau kemudian kita tangkap, kita kejar masak harus kita tenggelamkan, wong dia sudah nyerah. Kan pengadilan urusannya, menenggelamkan kapal pun harus keputusan pengadilan,” ujarnya.

Edhy menekankan jangan sampai kita fokus mengejar kapal illegal fishing tapi  melupakan apa yang dibutuhkan para nelayan.

“Kita nggak akan pernah takut dengan nelayan asing, tapi juga jangan semena-mena sama nelayan kita sendiri, harus ada pembinaan. Kita harus disayangi nelayan kita sendiri tapi kita ditakuti nelayan-nelayan pencuri,” tambahnya.[pit]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *