Internasional

Kapal Induk AS akan Tinjau Angkatan Laut Korsel

Kapal Induk Amerika Serikat. USS Ronald Reagan (Foto: AFP).

Seoul: Kapal Induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Ronald Reagan akan berlabuh di Pulau Jeju, Korea Selatan, pada Oktober mendatang.
 
Situs News 1 melaporkan Jumat 7 September bahwa kapal perang Amerika Serikat terbesar yang berbasis di Asia dapat tiba di Korsel untuk latihan bersama.
 
Pekan lalu, Menteri Pertahanan AS, James Mattis, mengatakan latihan bersama dengan Seoul tidak lagi ditangguhkan, menyusul lambannya kemajuan denuklirisasi Korea Utara.
 
"Dari 10 hingga 14 Oktober, USS Ronald Reagan akan berpartisipasi dalam peninjauan angkatan laut Republik Korea tahun 2018, dan untuk tujuan ini akan memasuki Jeju," kata sumber militer Korea Selatan, menurut News 1, seperti disitat dari UPI, Jumat 7 September 2018.
 
Selain kapal induk bertenaga nuklir, Amerika dapat mengirim sekitar tiga hingga empat kapal perang lainnya, termasuk kapal perusak dan kapal penjelajah.
 
USS Ronald Reagan mampu mengangkut puluhan pesawat militer, termasuk F/A-18 Super Hornet, EA-6B Prowler, dan E-2C Hawkeye.
 
Kapal induk itu, yang berlabuh permanen di Yokosuka, Jepang, terakhir memasuki Korsel pada Oktober 2017, setelah melakukan latihan gabungan di sekitar semenanjung.
 
Angkatan Laut Korsel mengatakan tidak ada rencana segera untuk melakukan pelatihan maritim bersama.
 
Korut menahan diri dari perjanjian untuk sepenuhnya melakukan denuklirisasi. Media pemerintah sudah menyerukan penandatanganan deklarasi akhir perang dengan Amerika.
 
Delegasi Korsel bertemu dengan Kim Jong Un pada Rabu dan menitip surat dari Moon Jae-in Presiden Korsel. Penasihat keamanan nasional Seoul, Chung Eui-yong membahas tanggal untuk pertemuan antar-Korea berikutnya dan ditentukan untuk bertemu pada 18-20 September.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close