Kapal Tanker UEA Dilaporkan Hilang di Teluk Persia, Iran Langsung Disalahkan

  • Whatsapp

Indopolitika.com, TEHERAN– Sebuah kapal tanker UEA dilaporkan hilang di Teluk Persia. Situasi ini semakin mengancam ketegangan di Selat Hormuz meningkat.

Dilansir Iranian, Rabu, 17 Juli, sinyal transmisi lokasinya dimatikan pada Minggu ketika kapal tanker tersebur berlayar ke arah perairan Iran dan belum terdengar sejak saat itu, bahkan para pejabat Uni Emirat Arab tetap diam tentang hal itu.

Muat Lebih

Data pelacakan menunjukkan sebuah kapal tanker minyak yang berbasis di Uni Emirat Arab, melakukan perjalanan melalui Selat Hormuz ke perairan Iran dan berhenti mentransmisikan lokasinya lebih dari dua hari lalu, meningkatkan kekhawatiran Selasa tentang statusnya di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS.

Laporan tersebut merinci bahwa Riah, sebuah kapal tanker minyak 58 meter yang sering beroperasi di wilayah tersebut, mematikan transpondernya untuk pertama kalinya dalam tiga bulan setelah 11 malam pada hari Sabtu, berdasarkan data pelacakan.

Pada hari Senin “bendera merah” dinaikkan ketika para pejabat AS mulai menanyakan status Riah. Koresponden Pentagon CNN, Barbarra Starr mengatakan hal ini berdasarkan sumber-sumber intelijen: “Intel AS semakin yakin kapal tanker UEA, MT RIAH, dipaksa masuk ke perairan Iran selama akhir pekan oleh pasukan angkatan laut #IRGC. UAE tidak berbicara.

Namun, ini bisa menjadi kasus intelijen dan pertahanan AS yang hawkish sebut ancaman palsu. Starr melanjutkan berdasarkan sumbernya: “Beberapa sumber Teluk mengatakan kapal hanya dihancurkan / ditarik oleh Iran. AS mengatakan meskipun tidak ada kontak dengan kru. Lokasi terakhir Pulau Qesham,”

Menyusul langkah kontroversial dan agresif Inggris untuk merebut sebuah kapal tanker yang membawa 2 juta barel minyak Iran dari Gibraltar awal bulan ini, militer Teheran telah mengancam untuk pada gilirannya akan mencegat kapal-kapal Inggris. (fjr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *