Kapal Tujuan Malaysia Bawa 21 Orang Tenggelam Dihantam Ombak, 4 Tewas 3 Hilang

Seorang anggota Tim SAR mengambil gambar suasana pantai saat poses pencarian korban hilang di perairan di Pulau Rupat Bengkalis. (ANTARA/HO-Basarnas)

INDOPOLITIKA.COM – Kecelakaan kapal cepat kembali terjadi di Riau. Kali ini kapal tenggelam di sekitar Perairan Ketapang Selat Morong, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (14/01/2022).

Dalam kejadian itu empat orang tewas. Sementara tiga lainnya masih dalam pencarian, yaitu satu kru kapal dan dua penumpang.

Berdasarkan informasi kapal nahas tersebut mengangkut sebanyak 21 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terdiri 19 PMI dan 2 ABK.

Kapal cepat berangkat dari Pangkalan Buah Pulau Rupat, Bengkalis dengan tujuan negara jiran Malaysia. Informasi terkait kecelakaan kapal tenggelam baru diterima Basarnas pada Sabtu (15/01/2022) sekitar pukul 05.45 WIB.

Kapal Basarnas yang dipimpin oleh Kapten Leni Tadika langsung berlayar menuju titik tenggelamnya kapal sekitar Selat Morong Pulau Rupat.

Berdasarkan informasi dari beberapa orang penumpang yang selamat, bahwa kapal berlayar di tengah kondisi cuaca yang kurang baik.

Selanjutnya, nakhoda kapal memutuskan untuk kembali karena gelombang tinggi. Namun saat kapal memutar haluan, tiba-tiba dihantam gelombang laut yang cukup kuat sehingga mengakibatkan kapal terbalik.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Ishak menuturkan, beberapa kapal nelayan ketika melintas di sekitar lokasi berupaya menolong korban dan 14 orang berhasil diselamatkan.

“Sampai dengan saat ini kapal masih dalam di area pencarian untuk mencari korban yang tersisa tiga orang,” ucapnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.