Kapolda Metro Jaya Pastikan Kejiwaan Tersangka Brigadir Rangga Rianto dalam Keadaan Normal

  • Whatsapp
Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono.
JAKARTA, Indopolitika – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan kejiwaan tersangka Brigadir Rangga Tianto dalam kondisi normal. Namun, untuk menghindari kejadian serupa kembali terjadi dia meminta kepada seluruh pejabat tinggi setingkat Polda Metro Jaya melakukan evaluasi dan memperketat penggunaan senjata api kepada seluruh anggotanya.
“Nah terhadap anggota-anggota, kita di Polda Metro Jaya saya juga menyampaikan kepada kepala satuanya masing-masing untuk coba mengevaluasi kembali kepada pemegang-pemegang senjata api ini,” kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/8/2019).
Dia mengatakan pihaknya telah melakukan tes psikologi dan kejiwaan Brigadir Rangga di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia menginginkan peristiwa serupa tak kembali terjadi.
Lebih jelas tambahnya, setiap anggota untuk melakukan tes psikologi secara ketat dalam setiap evaluasi. Hal itu bertujuan emosi pengguna senjata api dapat diketahui dan tidak menggunakan senjata secara sewenang-wenang.
“Khususnya didalam pemeriksaan psikologinya betul-betul dilaksanakan  yang benar sehingga anggota tidak mudah emosional ya,” jelasnya.
Penggunaan senjata api harus memiliki surat dan lolos test evaluasi kejiwaan tiap semester untuk tetap menggunakan senpi atau tidak. Jika pengguna senpi tidak lolos dari evaluasi kejiwaan dan evaluasi penggunaan maka kepemilikan senpi pada anggota harus dicabut.
“Siapa-siapa yang megang senjata api kita sesuaikan dengan peraturan yang ada seperti itu. Seperti itu yang sudah dilakukan oleh jajaran kita semuanya,” tegasnya,” ujarnya. (DSC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *