Kapolri Terbitkan Telegram, Kapolrestabes Surabaya, Bandung hingga Aceh Diganti

  • Whatsapp
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

INDOPOLITIKA.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo me mutasi 504 perwira tinggi (pati) di lingkungan Polri. Dalam mutasi itu juga, turut diganti Kapolrestabes Surabaya, Kapolrestabes Bandung, dan Kapolres Karawang.

Mutasi itu terbagi dalam 2 telegram, yakni Surat Telegram Rahasia (STR) nomor ST/1506/VII/KEP./2021 tertanggal 26 Juli 2021 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Berita Lainnya

“Sehubungan dengan ref tersebut, bersama ini diberitahukan kepada Jenderal bawah Pati/Pamen Polri tersebut di bawah ini dibebaskan dari jabatan lama/dimutasikan dalam jabatan baru,” tulis Gatot dalam Surat Telegram tersebut.

Berdasarkan surat telegram tersebut, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada dimutasi menjadi Asisten SDM Kapolri menggantikan Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan yang memasuki masa pensiun. Posisi Wahyu Widada akan digantikan Irjen Pol Ahmad Haydar. Sebelumnya Ahmad Haydar menjabat Wisyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara pada telegram yang kedua, yakni ST/1507/VII/KEP/2021 berisi antara lain pergantian Kapolrestabes Surabaya yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Jhonny Edison akan digantikan Kombes Pol Kombes Asep Teddy Nurrasyah.

Masih dalam telegram yang sama, turut dimutasi Kapolrestabes Bandung yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya akan digantikan Kombes Aswin Sipayung. Kombes Ulung akan menjabat Irwasda Polda Sumsel.

Ulung menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung sejak bulan Februari 2020. Ketika itu, dia menggantikan posisi Kombes Irman Sugema. Selama menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung, sejumlah kasus berhasil diungkap oleh jajarannya.

Kasus menonjol yang diungkap salah satunya ialah kasus prank terhadap waria yang dilakukan YouTuber Ferdian Paleka. Kasus itu diketahui menuai reaksi keras dari masyarakat sebab dilakukan ketika pandemi merebak.

Kemudian, baru-baru ini ratusan orang diamankan jajarannya karena melakukan kerusuhan usai demo menolak PPKM yang digelar di Balai Kota Bandung. Polisi juga menetapkan sejumlah tersangka karena didapati membawa barang berbahaya seperti bom molotov dan senjata api.

Selain itu, dalam telegram ST/1506/VII/KEP/2021 salah satu yang dimutasi Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra digantikan AKBP Alfian Nurrizal pernah menjabat Wakapolres Metro Bekasi. AKBP Rama akan menepati jabatan baru Wakapolres Metro Bekasi. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *