Insiden Tewas Warga Sipil di Deiyai

Kapolri: TNI-Polri Tidak Pernah Gunakan Panah

  • Whatsapp
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

INDOPOLITIKA –┬áPerihal insiden yang menewaskan masyarakat sipil di Deiyai, Papua. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengklaim bukan ulah dari aparat keamanan, melainkan terkena panah dari kelompok yang menyerang dari belakang.

“TNI-Polri tidak pernah gunakan panah. Panah ini berasal dari belakang dari kelompok penyerang,” kata dia kepada wartawan, Kamis (29/8).

Baca Juga:

Lanjutnya, panah dapat digunakan untuk menyerang sejauh 100 meter. Jika tarikan panah kurang maka hanya menyentuh 50 meter jauhnya. “Kenanya 50 meter kena kawan. Dari penyerang, ada satu anggota penyerang yang meninggal dunia karena panah,” kata Tito.

Tito menuturkan kelompok penyerang itu diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Paniai, Papua. KKB itu bersembunyi di antara massa aksi.

“Dan (KKB) melakukan penyerangan kepada petugas. Sehingga petugas yang ada melakukan pembelaan diri dengan peluru karet,” ucap Tito.

Meski begitu, Kapolri menyesalkan peristiwa di Deiyai yang mengakibatkan sejumlah korban termasuk meninggalnya satu anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Peristiwa di deiyai ini kita sesalkan sehingga akhirnya ada rekan kita satu anggota tni yg gugur,” ujarnya.

Tito menjelaskan ada enam aparat keamanan yang menjadi korban. Satu anggota TNI meninggal dunia, dua lainnya terluka. Sementara dari Korps Bhayangkara ada tiga anggota terluka terkena panah.

“Dia (Serda Ricson, korban meninggal) sedang menjaga kendaraan, menjaga senjata yang disimpan. Kemudian dilukai, dibacok dan kena panah. Senjatanya dirampas,” tutur Tito.

Sebelumnya, sebanyak 150 warga berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Deiyai. Demo menuntut penandatanganan persetujuan referendum Papua itu berakhir ricuh.

Saat aparat bernegosiasi dengan pedemo, muncul ribuan orang membawa senjata tajam dan panah. Mereka menyerbu aparat keamanan. Massa menyerang mobil yang sebelumnya ditumpangi prajurit TNI. Mereka merampas senjata api (senpi) yang berada di dalam mobil tersebut.[ab]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *