Kapolri Ungkap Benny Wenda Dalang Di Balik Rusuh Papua

  • Whatsapp
Kapolri dan Panglima

INDOPOLITIKA- Kapolri Jendral Tito Karnavian mengungkapkan Benny Wenda adalah aktor di balik kerusuhan Papua dan Papua Barat. Kerusuhan sengaja dibuat menjelang rapat Komisi HAM PBB di Jenewa.

Benny Wenda adalah ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau persatuan gerakan pembebasan Papua Barat.

Baca Juga:

“Jadi mereka sengaja membuat rusuh di Papua agar di PBB terdengar suara bahwa Papua rusuh,” kata Tiro seperti dilansir suara.com, Kamis (5/9/2019).

Wenda dan ULMWP, menurut Tito menjadi dalang di balik rusuhnya Papua baru-baru ini. Rusuh ini juga diagendakan sebagai momentum menyambut sidang umum PBB akhir September.

“Jadi yang bermain dalam rusuh ini Benny Wenda, titik,” tegas Tito.

Selain ULMWP, Tito juga menyebut satu organisasi lainnya menjadi biang kerok rusuh Papua, yakni Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Menurut Tito, guna melancarkan aksi kerusuhan di Papua dan Papua berat, ULMWP dan KNPB memproduksi hoaks untuk memprovokasi massa.

“Akan saya kejar mereka. Hoaks-hoaks itu mereka juga yang produksi,” tandas Kapolri.

Lebih jauh Tito mengungkapkan, dirinya sudah menerjunkan tim dari Mabes Polri untuk mengejar dalang perusuh. Mereka bekerja sama dengan Komnas HAM agar mendapat keterangan yang valid tentang peristiwa yang terjadi. (rma)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *