Kartu Pencari Kerja Diburu, Angka Pengangguran Di Aceh Barat Melonjak

  • Whatsapp
Ilustrasi pencari kerja

INDOPOLITIKA.COM- Jumlah penganggur di Aceh meningkat. Tengok saja, diungkapkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh,  permintaan kartu pencari kerja kini mengalami peningkatan sejak dua bulan terakhir.

“Rata-rata jumlah kartu pencari kerja yang sudah kita keluarkan setiap hari paling sedikit mencapai 25 lembar hingga 30 lembar setiap hari. Atau satu bulan bisa mencapai 700-800 lembar kartu pencari kerja,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Barat, Thalea Naldy, di Meulaboh, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga:

Biasanya, kata dia, jumlah kartu pencari kerja yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat hanya berkisar 10-20 lembar per hari. Tingginya angka warga yang mengurus pembuatan kartu pencari kerja tersebut karena saat ini banyak masyarakat khususnya generasi muda yang mencari pekerjaan. Terbatasnya lowongan pekerjaan membuat sebagian pencari kerja kewalahan karena terbatasnya kesempatan kerja yang dibuka pelaku usaha.

Sebagai solusi, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kini terus giat melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan sejumlah pelaku usaha
di kabupaten tersebut. Hal ini guna memastikan lowongan pekerjaan apa saja yang dibutuhkan sehingga Dinas Tenaga Kerja setempat bisa melakukan pelatihan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan.

“Nantinya kita berharap, para pencari kerja akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan apabila pelatihan yang kita lakukan, memang dibutuhkan oleh setiap pelaku usaha. Hal ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melamar pekerjaan,” kata Thalea Naldy.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *