Kasus Ahok No Coment, Ketua BPK Yakin Kasus RG Lino Tuntas Sebulan Kedepan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kasus yang menjerat mantan Dirut Pelindo II RG Lino dipastikan bisa tuntas sebulan kedepan. Kasus yang sudah lama mengendap itu bakal kembali digulirkan.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna menyatakan, para auditor BPK yang bekerja telah cukup lama, sudah mulai bisa mengungkap kasus itu. “Tapi saya pikir salah satu pokok persoalannya adalah ahli yang dibutuhkan dalam menentukan tonase. Ini masalah teknis sekali. Dan BPK cukup komit dan kita menunggu supaya (ahli) itu bisa didapatkan,” katanya di gedung BPK Selasa siang (7/1/2020).

Berita Lainnya

Ahli yang dia maksud, kata dia. Bisa didapatkan. Mereka bisa saja datang dari perguruan tinggi dan busa juga dari lembaga lain yang memiliki keahlian. Meski begitu, dia mengakui kasus yang menjerat mantan Dirut Pelindo II itu terbilang kasus yang rumit.

“Memang kasus ini cukup pelik. Tapi saya pikir kedepan kalau untuk yang ini (menghadirkan ahli) tidak terlalu sulit. Saya pikir dalam satu dua bulan itu bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Namun demikian, dalam kasus Pelindo II, kata Agung, pemeriksaan investigatif yang dilakukan BPK terbilang banyak. Ada tiga kasus lain yang telah di investigasi BPK selain kasus Pelindo II.  Yakni kasus mobile crane, kasus Jakarta Internasional Kontainer Terminal (JICT), Kasus terminal peti kemas  Kodja, Global bond, dan terminal Kalibaru.

Tapi, kata dia, keempatnya kini ada dalam kewenangan aparat penegak hukum. “Kami sudah berhasil melakukan konstruksi perbuatan melawan hukumnya.  Kami juga sudah berhasil melakukan identifikasi pihak-pihak yg bertanggungjawab, mengidentifikasi indikasi kerugian negaranya. Ke empat kasus itu yang sudah kami selesaikan kerugian negaranya diatas 6 triliun,” katanya.

Namun, saat ditanya soal kasus pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemda DKI yang disebut-sebut melibatkan Ahok, Agung enggan mengungkap detail seperti pada kasus Pelindo II.

“Kalau yang itu (kasus Sumber Waras) saya tidak berpendapat kalau soal itu. Kita udah menyelesaikan. Saya nggak berpendapatlah kalau soal itu,” ungkapnya.{asa}

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *