Kasus Corona Melonjak, Sri Sultan Buka Opsi Lockdown di Yogyakarta

  • Whatsapp
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Antara)

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka opsi lockdown, jika masyarakat tidak patuh terhadap protokol kesehatan seiring meroketnya kasus positif Covid-19 di Yogyakarta.

Sultan mengatakan saat ini kasus positif memang terus fluktiatif atau naik turun tak hanya di DIY saja namun juga di seluruh dunia termasuk Malaysia dan Singapura. Namun begitu, hal tersebut tak menjadi alasan kemudian masyarakat tak menerapkan disiplin protokol kesehatan yang membuat penularan terus terjadi.

Berita Lainnya

“BOR rumah sakit, yang sedianya 36 koma sekian sekarang sudah 75 persen hanya dalam waktu satu minggu. Kalau terus naik di atas 500 seperti ini kan tidak mungkin. Kabupaten/kota harus menyediakan shelter, dan dimungkinkan dalam APBD meski hanya lima bed. Kita coba 75 kali 50 memungkinkan terjadinya 3000-an orang yang dikarantina. Kita belum bisa cari jalan keluar, nek ora iso yowes tidak ada pilihan, lockdown,” ungkap Sultan pada wartawan, Jumat (18/6/2021).

Pilihan lockdown menurut Sultan dipilih ketika tak ada cara lain yang bisa diambil pemerintah daerah. Penularan menurut Sultan sudah menjangkau ranah terbawah yakni keluarga dan tetangga, ditambah adanya mobilitas warga yang begitu masif di akhir pekan.

Terlepas dari itu, Sultan beranggapan kunci pencegahan penyebaran Covid-19 tak lain adalah menegakkan protokol kesehatan. Ditambah kebijakan PPKM mikro terbaru di DIY dengan strategi lebih mengetatkan pengawasan dan perizinan kegiatan masyarakat.

Pengawasan yang lebih diperketat ini dirasa Sultan perlu. Mengingat kini tren penularan cenderung terjadi antar anggota keluarga dan tetangga.

“Menyelenggarakan aktivitas masyarakat (izin dan pengawasan) tidak cukup keputusan kelurahan. Harus kapanewon (kecamatan) juga ikut. Dengan harapan makin ketat. Tapi kalau tembus lagi kurang apa lagi. Kita kan jadi sulit selama masyarkat sendiri tidak mengapresiasi dirinya sendiri untuk disiplin,” imbuhnya. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *