Kasus Covid-19 RI Makin Mengkhawatirkan: Nakes Wisma Atlet Pingsan Kelelahan Layani Pasien Membludak

  • Whatsapp
Ilustrasi: Pasien covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran terus bertambah. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

INDOPOLITIKA.COM – Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia makin mengkhawatirkan. Bahkan imbas dari melonjaknya pasien, sejumlah nakes di Wisma Atlet Jakarta disebut-sebut pingsan kelelahan.

DKI Jakarta sendiri mencatatkan kasus cukup banyak dalam beberapa pekan terakhir. Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) Wisma Atlet diketahui mencapai 77,49 persen pada Kamis (17/6/2021).

Berita Lainnya

Disisi lain, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah terus mengintensifkan guliran vaksinasi COVID-19 untuk dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Ia pun meminta adanya percepatan pelaksanaan vaksinasi terutama di daerah dengan tingkat interaksi dan mobilitas masyarakat yang tinggi.

Menurut salah seorang warga Arif Odoy, antrean pasien covid-19 biasanya mulai padat saat sore hingga malam hari. Ratusan pasien datang menggunakan bus-bus sekolah. Jumlah itu, kata dia, tak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan yang melayani di Wisma Atlet.

Sementara jumlah antrean pasien mencapai 3-4 jam sebelum dilayani. “Ramai pasien itu biasanya datang setelah maghrib. Jumlahnya bisa ratusanlah. Kondisinya juga nakesnya kurang, pelayanan banyak yang komplain karena memang nakesnya kurang,” ujar Odoy saat dihubungi.

Odoy bahkan mengaku pernah bertemu dengan dua nakes yang pingsan saking kelelahan. “Saya ketemu dua nakes pingsan, itu karena mereka dehidrasi sama kecapekan,” tuturnya.

Ia mengatakan, jumlah pasien di Wisma Atlet mulai melonjak sejak Sabtu (12/6) pekan lalu. Saat itu, banyak pasien yang menunggu giliran masuk sambil duduk di lantai. “Mulai melonjak Sabtu, malam minggu. Itu udah parah sekali orang-orang, udah kayak terminal aja ngemper di bawah,” katanya.

Sebelumnya, manajemen Wisma Atlet telah menambah kapasitas 1.400 buah hingga menjadi 7.394 tempat tidur. Jumlah BOR itu telah mendekati ambang batas aman yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni sebesar 60 persen. Adapun per Kamis (17/6) pukul 08.00 WIB, RSD Wisma Atlet menerima 179 pasien baru, sehingga secara keseluruhan pasien yang dirawat berjumlah 5.730 orang. [ind]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *