Kasus Jiwasraya Terus Bergulir, Saudara Tersangka Ben Tjok Diperiksa Kejagung

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Tim Penyidik Kejaksaan Agung memanggil 5 (lima) orang saksi dalam lanjutan pemeriksaan dugaan tindak pidana korupsi Jiwasraya. Diketahui, saudara dari tersangka Benny (Komisari PT Hanson), Teddy Tjokrosaputro juga turut dipanggil dalam pemeriksaan hari ini, Kamis (23/1/2020).

Teddy merupakan Direktur Utama PT Rimo International Lestari Tbk. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti dan kontruksi bangunan. Selain Teddy hari ini Kejagung juga memeriksa Accounting & Finance Manager PT Alam Minera Tbk Ahmad Subhan, dan former Director-Fisheries Marketing Division PT Inti Agri Resources Tbk, Joko Hartono Tirto.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Kejagung juga memeriksa dua pihak lainnya, yaitu Agung T dan Dwi Nugroho. Namun, kejagung tidak menjelaskan secara spesifik identitas keduanya terkait kasus Jiwasraya tersebut.

“Semuanya hadir memenuhi panggilan pemeriksaan,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Hari Setiyono saat dikonfirmasi, Kamis (23/1/2020).

Hari mengatakan, pemanggilan tersebut tidak lain untuk memeriksa ihwal keterkaitan penyalahgunaan investasi yang dilakukan oleh Jiwasraya.

Dimana dalam perkembangan kasus tersebut, Jiwasraya dianggap telah melanggar prinsip kebijakan pengelolaan keuangan sehingga membuat perusahaan asuransi negara itu mengalami kerugian hingga 13,7 triliun.

Adapun dugaan pelanggaran itu antara lain, ditemukannya fee broker fiktif, pembelian saham yang kurang likuid dan pembelian reksadana yang dikelola oleh manajer investasi.

Sebelumnya, sejak Jumat 27 Desember 2019 hingga Rabu 22 Januari 2020, sebanyak 81 orang telah diperiksa tim penyidik. Tercatat, lima orang diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka. Kelima tersangka juga merupakan orang yang tidak diperbolehkan bepergian ke luar negeri (cegah).

Lima tersangka tersebut diantaranya mantan kepala divisi investasi Jiwasraya, Syahmirwan; Eks Direktur Utama (Dirut) Jiwasraya, Hendrisman Rahim; Mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo; Komisaris PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputrow; Presiden Komisaris PT Trada Alam Mineral, Heru Hidayat.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *