Kasus Pencatutan Nama Oleh Parpol Saat Pendaftaran Pemilu, KPU RI Minta Anggotanya Melapor

Anggota KPU Idham Holik menunjukkan tampilan Sipol Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (24/6/22). (Foto: kbr.id)

INDOPOLITIKA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menemukan puluhan anggota KPU daerah yang tercatut menjadi kader partai politik (parpol) saat mendaftar peserta Pemilu 2024 melalui Sipol. Jumlahnya pun tak sedikit, saat ini jumlahnya sudah mencapai 98 orang.

Ke 98 orang itu tersebar di 22 Provinsi. Hal itu disampaikan, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik.

Untuk itu, Idham meminta kepada seluruh KPU provinsi, KIP Aceh, dan KPU kota/kabupaten melaporkan nama anggota yang diduga dicatut oleh partai politik (parpol).

“Pengaduan dapat dilakukan melalui website info pemilu apabila ada komisioner dan sekretariat yang namanya ada di dalam akun Sipol, padahal yang bersangkutan tidak pernah mengajukan permohonan penerbitan kartu tanda anggota (KTA) parpol,” kata Idham, Sabtu (6/8/2022).

Selain melalui website info pemilu, Idham akan meminta kepada 98 orang yang tercatut dalam keanggotaan parpol untuk menuliskan surat pernyataan.

“Mereka juga kami minta membuat surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai,” ungkapnya.

Masih kata Idham, data pencatutan nama anggota KPU terus bertambah.

“Saya belum merekap, tapi yang jelas terus bertambah ya,” tutur Idham.

Adapun kepada parpol yang mencatut nama dan dinyatakan tidak memenuhi syarat pendaftaran, masih diberikan waktu untuk memperbaiki dan melengkapi data keanggotaannya.

“Mengklarifikasi mereka selama proses verifikasi administrasi, verifikasi administrasi dokumen persyaratan parpol itu dilakukan mulai 2 Agustus sampai dengan 11 September 2022,” tandasnya. [Red]

 

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.