Kata Menkes Kalau Menangkal Corona Pakai Masker Bisa Habiskan Rp 400 M Per Hari

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Kesehatan Terawan Agius Putranto mengatakan, masyarakat tidak perlu takut dan paranoid dalam menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid 19. Jika paranoid dan lalu semua orang menggunakan masker maka sehari akan menghabiskan uang sebesar Rp400 miliar.

“Menghadapi hal seperti itu tidak perlu takut dan paranoid,” tandas Terawan seperti dikutip antara, saat memberikan kuliah umum Ketahanan Kesehatan Nasional di Kampus Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Jumat (28/2/2020).

Bacaan Lainnya

Sebagai salah satu contoh, kata Terawan, penggunaan masker. Jika seluruh masyarakat Indonesia menggunakan masker untuk menangkal virus Corona, maka biaya yang dihabiskan sangat besar.

Terawan menjaskan, jika harga 1 makser Rp 2000 lalu digunakan 200 juta warga, maka jumlah pengeluaran sehari mencapao Rp400 miliar. Maka dalam sepuluh hari akan memakan biaya Rp 4 triliun.

“Kalau sepuluh hari Rp 4 triliun dan akhirnya dibuang di tempat sampah. Dana itu lebih baik untuk infrastruktur,” tambah Menkes.

Menurut Terawan, sesuai dengan petunjuk WHO, hanya orang yang terkena virus Corona yang harus memakai masker. Sedangkan yang tidak terjangkit tidak perlu memakai masker, selama tidak ada orang yang terkena virus di sekitarnya. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *