Kawasan ASEAN Lokasi Favorit Teroris, Begini Analisa Pengamat Intelijen

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pernyataan Menhan Prabowo kepada delegasi militer kawasan ASEAN tentang ancaman terorisme di kawasan diamini Pengamat Intelijen Stanislaus Riyanta. Dia mengatakan, terorisme merupakan fenomena global.

Saat ini, organisasi teror terbesar ISIS di Timur Tengah  terus melemah sejak 2018. Mereka terus menerus menghadapi pasukan militer negara-negara basis ISIS di Timur Tengah.

BACA JUGA:

“Setelah terdesak di suatu tempat maka berlaku teori balon. Terdesak di suatu tempat mereka berkembang ke tempat lain. Dan Afganistan dan Asian Tenggara merupakan tempat favorit mereka dan ini bahaya,” katanya kepada Indopolitika.com Jumat, (6/2/2019) pagi.

Dalam konteks pergeseran basis gerakan pasca melemahnya ISIS di Timur Tengah itulah pernyataan Prabowo menjadi relevan. Dia mengungkapkan, negara-negara di kawasan Asia Tenggara patut mewaspadai aktivitas terorisme di kawasan ini. “Sebab, banyak organisasi-organisasi yang terafiliasi dan berbaiat terhadap terorisme. Ini harus diwaspadai pergerakan organisasi teror transnasional ini. Ini bahaya,” katanya.

Organisasi-organisasi yang berbaiat dan terafiliasi langsung dengan ISIS itu misalnya Jamaah Anshoru Daulah (JAD), Jamaah Ansharu Tauhid (JAT) ataupun organisasi lain yang sudah diketahui publik. Di Asian Tenggara, organisasi yang terafiliasi dengan ISIS berkembang di Filipina, Indonesia bahkan Malaysia. “Karena di negara-negara ini ada sejarah berkembangnya kelompok-kelompok garis keras itu. Ada sel-selnya disini. Ada suporter nya disini (Indonesia),” katanya.

Dalam menjalankan doktrin terornya, pergerakan kelompok teroris itu cenderung fleksibel. Mereka bisa saja bergabung dengan salah satu organisasi teroris di Indonesia tetapi juga dapat berpindah ke organisasi teror lain. Bagi mereka, yang paling penting adalah terafiliasi langsung dengan ISIS. “Mereka sangat mengikuti instruksi pimpinannya untuk melakukan amaliah (teror) di negara-negaranya masing-masing,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *