Kebakaran Pertamina Balikpapan, Diduga Saat Perbaikan Pipa Minyak

  • Whatsapp
Kilang Minyak Balikpapan

Kilang minyak PT Pertamina (Persero) Balikpapan, Kalimantan Timur terbakar tadi pagi pada pukul 09.30 WITA. Kebakaran diduga saat perbaikan pipa minyak pada kilang refinery unit (RU) V.

Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto mengatakan, berdasarkan informasi yang dia peroleh, kebakaran itu bermula saat perbaikan pipa yang biasanya timbul percikan api karena adanya senyawa hidrokarbon di fasilitas kilang RU V.

Baca Juga:

“Apabila ada api waktu pengerjaan pipa bisa terjadi karena gesekan-gesekan dari pengerjaan pipa. Hal tersebut yang lagi diinvestigasi,” kata Djoko di kantornya, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Dia mengaku belum mengetahui penyebab munculnya api sehingga membesar saat perbaikan pipa tersebut. Apakah karena faktor aktivitas pengelasan semata atau ada pekerja yang merokok atau faktor lainnya.

“Kalau ada yang lagi mengelsa (pipa), ada dugaan dari situ. Kerja panas itu ada izinnya, misalnya sebelum bekerja itu harus dicek pakai gas detector, ada gas tidak di situ,” tutur dia.

Kendati demikian, Djoko telah meminta Pertamina menyelidiki penyebab pasti terjadinya kebakaran di kilang tersebut. Dengan demikian, semua pihak diminta untuk menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh tim Pertamina.

Kebakaran di Kilang RU V Pertamina yang terjadi pada pagi tadi sudah berhasil dipadamkan. Tim Pertamina saat ini sedang melakukan pendinginan pada kilang yang terbakar tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *