Keberpihakan Herman Deru Pada Sektor Pertanian Diakui Semua Pihak

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Komitmen serta kerja keras Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mewujudkan visi Sumsel Maju Untuk Semua, salah satunya dengan menjadikan Sumsel sebagai lumbung pangan nasional semakin nyata di lapangan. Tak heran jika orang nomor satu di Bumi Sriwijaya tersebut diganjar banyak penghargaan.

Hal ini dinilai menjadi bukti nyata keberpihakan Herman Deru pada sektor pertanian diakui dan diapresias oleh berbagai pihak dan berbagai kalangan. Demikian disampaikan oleh Aktivis Petani Milenial Sumsel, Angga Manggala Putra.

Berita Lainnya

“Terlebih dahulu kami dari Petani Milenial Sumsel ingin ucapkan selamat kepada Bang Herman Deru atas pencapaiannya menerima penghargaan ‘Abdi Bakti Tani’ dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI. Ini saya kira menjadi bukti keberhasilan Bang Deru memajukan sektor pertanian,” ungkap Angga kepada awak media, Rabu (15/09).

Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 yang diberikan kepada Herma Deru merupakan apresiasi dan penghsrgaan lantaran Sumsel berhasil berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional. Tahun ini Sumsel menempati peringkat IV Nasional dalam peningkatan produksi padi tertinggi. Peningkatan produksi tersebut, lanjut Angga merupakan berkat dorongan Pemprov dalam hal ini Herman Deru sebagai Gubernur Sumsel.

Selain penghargaan Abdi Bakti Tani, pada tahun 2020 Gubernur Sumsel Herman Deru juga dianugerahi pin emas dari Kementerian Pertanian RI. Pin emas tersebut, lanjut Angga, diraih atas komitmen penuh Herman Deru dalam pembangunan dan peningkatan pertanian sehingga Sumsel peringkat 5 besar Provinsi Penghasil Beras Nasional 2019.

“Ada banyak program dan bantuan yang telah dikeluarkan oleh Bang Deru untuk mendorong produksi pertanian khususnya gabah kering dan beras. Alhamdulillah ini pencapaian kita semua, para petani di Sumsel yang berhasil dikomando oleh Bang Deru,” jelasnya lagi.

Ditempat terpisah, Arman Halimudin yang merupakan salah satu petani di Musi Banyuasin (Muba) menuturkan hal serupa. pihaknya mengapresiasi atas capaian Herman Deru dalam memimpin Sumsel selama tiga tahun terakhir.

“Terimakasih pak Gubernur. Kami telah merasakan banyak sekali manfaat dari program Pemprov terkhusus untuk meningkatkan kualitas dan jumlah hasil pertanian kami,” ungkap Arman.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumsel, produksi pangan Sumsel terus menunjukan trend peningkatan, meski di masa pandemi covid-19 sektor pertanian Sumsel mampu bertahan bahkan tumbuh secara positif. Berdasarkan data produksi padi di Sumsel pada 2020 mencapai 2.742.431 ton Gabah Kering Giling (GKG). Produksi padi tersebut meningkat sebanyak 139.035 ton dari produksi padi pada 2019 yang hanya sebanyak 2.603.396 ton GKG.

“Ada peningkatan signifikan saya kira, tahun lalu Sumsel peringkat ke lima dalam produksi beras. Lalu tahun ini menempati posisi ke empat. Artinya memang dalam satu tahun Bang Deru berhasil mendorong produksi pertanian. Semoga kedepannya pertanian kita semakin maju sehingga kita sebagai petani juga semakin sejahtera. Kami yakin di tangan Gubernur Herman Deru ini bisa dicapai dengan baik,” pungkasnya. [dbm]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *