Kebut Vaksinasi, Herman Deru Minta Pemerintah Pusat Segera Kirim Vaksin untuk Warga Sumsel

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengeluhkan pasokan vaksin Covid-19 tak sesuai dengan kebutuhan. Jika kondisi ini terus terjadi, dia khawatir target herd immunity pada Januari 2022 gagal dicapai.

Deru menyebut hingga saat ini Sumsel baru mendapatkan 1,6 juta dosis vaksin dari pemerintah pusat dan terealisasi lebih dari 1,5 juta dosis. Dengan antusiasme masyarakat untuk divaksinasi cukup tinggi. terjadi kelangkaan vaksin.

Berita Lainnya

“Alokasi (vaksin) masih kecil, belum sesuai kebutuhan,” ungkap Deru, Sabtu (24/7).

Menurut dia, pemerintah pusat mestinya paham dengan situasi di daerah sehingga segera mengirimkan vaksin yang dibutuhkan. Sebab, lambannya vaksinasi akan berdampak pada sulitnya mencapai target kekebalan komunal dengan tujuan akhir pandemi usai.

“Kalau alokasi kecil seperti ini, kapan sudahnya (pandemi) ini,” keluhnya.

Dikatakan, setiap fasilitas pelayanan kesehatan di Sumsel yang berjumlah 433 unit, idealnya harus memvaksin 145 orang per hari. Akibat keterbatasan stok, vaksinasi hanya mampu dilakukan terhadap 55 orang per hari per fasyankes, jumlah yang jauh dari angka ideal.

“Kalau ingin ciptakan kekebalan komunal, paling tidak alokasi vaksin di Sumsel 13 juta vaksin untuk dua kali suntik. Makanya itu saya minta tambahan dari pusat, karena 85 persen orang yang meninggal belum divaksinasi,” kata dia.

Deru mengaku permintaan tambahan pasokan tidak hanya dilakukan melalui lisan. Secara prosedur, belum lama ini dirinya langsung mengirimkan surat ke Kementerian Kesehatan agar segera mencukupi vaksin yang dibutuhkan.

“Sekarang stok hanya ada 100 ribu dosis saja, itu pun untuk vaksin kedua. Vaksin yang sekarang masih ada sudah hampir habis, semua terjadi di seluruh daerah di Sumsel,” ujarnya. [dbm]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *