Internasional

Kedubes Asing Konfirmasi Data Korban Tsunami ke BNPB

Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho memaparkan dampak gempa dan tsunami di Sulteng dalam konferensi pers di Jakarta, 29 September 2018. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Jakarta: Sebanyak 71 warga negara asing dilaporkan terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tenggara. Kedutaan besar sejumlah negara asing mengaku tengah melakukan komunikasi intens dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kedutaan Besar Malaysia mengaku sedang berkomunikasi dengan BNPB terkait data terbaru korban terdampak bencana.

Baca: BNPB: 71 WNA Terkena Dampak Gempa dan Tsunami Sulteng

"Kami sedang cek dengan BNPB. Ada dua (warga) kemarin, tetapi sudah ditemui dan saat ini sedang proses pulang. Hingga saat ini kami terus berkomunikasi," kata staf Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia, Azwira, kepada Medcom.id, Minggu 30 September 2018.

Hal senada juga disampaikan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia. Staf kedutaan, Dominique Roubert, menuturkan pihaknya masih melakukan verifikasi mengenai kabar tersebut.

"Kedubes Prancis tidak bisa memberi komentar. Kami sedang melakukan verifikasi," tukasnya lewat pesan singkat.

Dari data terbaru BNPB, seorang warga Singapura dan Belgia telah berhasil dievakuasi ke Jakarta. Sementara itu, masing-masing satu warga Korea Selatan dan Malaysia, serta tiga dari Prancis belum diketahui kondisinya.

Seorang WNA asal Jerman di John Dive Resort Donggala diinformasikan dalam kondisi aman. Meski demikian, pihak BNPB masih belum bisa memastikan karena akses menuju Donggala masih terputus.

Sepuluh WNA asal Vietnam telah berada di posko Bandara Mutiara Palu. Mereka dalam keadaan aman. 

Sebanyak 32 WNA asal Thailand dan 21 dari Tiongkok juga dinyatakan aman.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close