Pemerintahan

Kegotongroyongan dalam Karya Atma Wedana Baligia

KARANGASEM- Deputi IV Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo menghadiri dan memberikan sambutan pada Karya Atma Wedana Baligia di Desa Jungutan, Desa Adat Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, pada Minggu (12/8/2018).

Dalam sambutannya Eko Sulistyo mengapresiasi acara tersebut yang menunjukkan kebersamaan dan kegotongroyongan. “Saya sangat terkesan atas semangat kegotongroyongan yang ditunjukkan. Di banyak tempat rasa tersebut sudah mulai pudar, namun di Bali khususnya, semangat tersebut masih dijunjung tinggi,” ungkapnya.

Deputi IV juga memuji tanah Bali sebagai tempat lahirnya pemimpin bangsa. Salah satunya adalah Presiden Soekarno yang lahir dari ibu asli Bali. Oleh karena itu masyarakat Bali mesti bangga dengan hal tersebut.

Lebih lanjut, Eko Sulistyo meminta agar masyarakat Bali menjaga persatuan di tengah kemajemukan bangsa serta mendukung berbagai capaian pembangunan yang sudah dituntaskan oleh Presiden Joko Widodo. “Mulai dari infrastruktur seperti jalan, jembatan, waduk, kelistrikan dan berbagai program bantuan sosial,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, M.AP dalam sambutannya melihat, rangkaian upacara Baligia ini memberikan kontribusi positif dari sisi spiritual maupun aspek kebudayaan, kemasyarakatan, dan ekonomi.

Karya Atma Wedana Baligia ini melibatkan 606 Puspa dan Nama yang terdiri dari 86 Puspa Ida Pedanda, Puspa Walaka besarta Sangge serta 520 Nama Pengiring. Peserta Karya ini berasal dari berbagai wilayah di Bali seperti Kabupaten Karangasem, Kabupaten Buleleng, dan Kota Denpasar yang disokong lebih kurang 10.000 Kepala Keluarga.

kegotongroyongan-dalam-karya-atma-wedana-baligia-5

Adapun tujuan utama dilaksanakannya Karya Atama Wedana Bakigia ini adalah pengorbanan suci secara tulis ikhlas untuk menyucikan serta memuliakan roh leluhur dengan pengharapan dapat bersatu kembali kepada Sang Pencipta, yaitu Ida Sanghyang Widi Wasa.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close