Kehadiran Anies Di Kongres NasDem Tidak Bisa Dianggap Remeh

  • Whatsapp
Analis Politik UPH, Emrus Sihombing

INDOPOLITIKA.COM – Pengamat Komunikasi Politik, Emrus Sihombing mengatakan, Kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang membuka Kongres Partai NasDem tidak bisa dianggap remeh. Hal itu dinilai, karena Anies memiliki kapasitas.

“Tidak bisa dianggap remeh atau dianggap biasa saja. Surya Paloh dan Nasdem telah memberikan panggung politik kepada Anies, yang seharusnya panggung itu diberikan kepada Presiden Jokowi. Sehingga, wajar bila muncul spekulasi bahwa Paloh menganggap Presiden Jokowi itu adalah masa lalu. Masa depan itu ada pada Anies,” kata Emrus kepada Indopolitika, Senin (11/11/2019).

Muat Lebih

Diakui Emrus, adalah suatu yang tak elok bila Surya membangun branding bahwa Jokowi seolah masa lalu, sedangkan Anies Baswedan sebagai masa depan dalam rangka menuju Pemilu 2024.

Sementara ada tiga kader Nasdem yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi.

“Oleh karena itu, terlalu cepat membuat branding bagi Anies selain tidak elok justru bisa memunculkan anggapan bahwa Nasdem bermain dua kaki. Ini bisa merugikan citra Nasdem. Ini branding yang kurang produktif,” kata Emrus.

Menurut pria berdarah Batak ini, sikap Nasdem saat ini berbeda dari periode pertama pemerintahan Jokowi. Karena, saat ini Surya Paloh bahkan menyatakan bahwa NasDem siap menjadi oposisi ketika Jokowi sedang menyusun kabinet untuk pemerintahan 2019-2024.

“Ketika SP sempat mengancam mau keluar dari koalisi untuk beroposisi saat penyusunan kabinet, ini salah satu bukti nyata bahwa dia sedang bermanuver politik di ruang publik,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *