Kejagung Segera Kirim Berkas Kasus Paniai ke Komnas HAM

  • Whatsapp
Ratusan pemuda dan mahasiswa asal Papua saat menggelar demonstrasi di sekitar Mabes TNI AD {CNN)

INDOPOLITIKA.COM –  Kejaksaan Agung menyatakan akan menyerahkan jawaban atas berkas Komnas HAM terkait perkara pelanggaram HAM berat di Paniai, Papua yang terjadi pada 7-8 Desember 2014.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Hari Setiyono mengatakan bahwa Komnas HAM telah menyerahkan berkas dugaan pelanggaran HAM berat tersebut ke Kejagung pada 14 Februari 2020.

Bacaan Lainnya

“Dalam waktu 1-2 hari ini hasilnya akan segera (kami) berikan ke sana (Komnas HAM),” tutur Hari, Rabu (19/2/2020).

Hari menjelaskan saat ini berkas dari Komnas HAM itu masih diteliti. Kejagung masih  kasus pelanggaran HAM beratnya hingga kelengkapan dokumen dari Komnas HAM.

Sesuai KUHP, ujar Hari, Kejagung memiliki waktu 7 hari untuk mempelajari berkas Komnas HAM itu sejak hari pertama diserahkan.

“Jika ada kekurangan formil maupun materill, tim akan memulangkan berkasnya agar dilengkapi kembali,” kata Hari.

Sebelumnya, Komnas HAM menyatakan bahwa kasus kekerasan yang terjadi di Paniai, Papua pada 7-8 Desember 2014 silam, merupakan pelanggaran HAM berat.

Dalam insiden tersebut terjadi kekerasan terhadap warga Paniai, Papua, yang menyebabkan empat orang meninggal dunia dunia akibat luka tembak dan luka tusuk.

Sementara itu, 21 orang lainnya mengalami luka berat akibat penganiayaan yang diduga dilakukan oleh anggota TNI dari Kodam Cendrawasih. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *