KEK Likupang, Pemerintah Anggarkan 100 M

  • Whatsapp
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

INDOPOLITIKA, Pemerintah berencana menjadikan Likupang, Sulawesi Utara sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang fokus pada sektor pariwisata. Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah sudah menyiapkan program renovasi dan pengembangan untuk infrastruktur transportasi, dalam hal ini pelabuhan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini sudah ada pelabuhan yang beroperasi sebagai akses transportasi wisatawan di sana. Namun, pelabuhan ini akan dikembangkan lagi, dengan perkiraan anggaran sebesar Rp100 miliar.

Baca Juga:

“Di Likupang itu sudah ada pelabuhan yang menghubungkan dengan beberapa lokasi wisata, dan kita akan melakukan suatu renovasi, kurang lebih Rp100 miliar di situ,” kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) merupakan pengelola langsung salah satu pelabuhan di sana, yakni Pelabuhan Likupang, Minut.

Di tempat yang sama Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan mendukung penuh penyiapan KEK Likupang. Pemerintah dipastikan siap membangun infrastruktur-infrastruktur pendukung lainnya.

“Pokoknya dalam rangka mendukung pariwisata akan didukung oleh pemerintah. Seperti jalan, bandara,” katanya.

Ia pun memastikan bahwa penyiapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di wilayah ini sudah aman. Dengan begitu, proses pembangunan sudah bisa dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *