Internasional

Keluarga Korban MH370 Nantikan Laporan Resmi Penyelidikan

Seruan untuk terus melanjutkan pencarian MH370. (Foto: AFP).

Kuala Lumpur: Empat tahun sudah pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang. Tim investigasi akan merilis laporan resminya secara terbuka pada Senin, 30 Januari 2018 sore waktu setempat.

Keluarga menantikan rilis laporan tersebut sambil dengan cemas. Mereka berharap akan mendapatkan jawaban pasti mengenai hilangnya pesawat dengan rute penerbangan Kuala Lumpir-Beijing tersebut.

Hasil akhir dari investigasi pada 8 Maret lalu tidak ada tanda-tanda pesawat tersebut ditemukan di zona pencarian Samudera Hindia. Pencarian yang dipimpin Australia ini merupakan yang terbesar dalam sejarah penerbangan.

Sementara itu, pemerintah baru Malaysia yang mulai berkuasa pada Mei lalu berjanji akan transparan dalam mengungkapkan laporan resmi akhir yang dikeluarkan tim investigasi keselamatan. 

Salah seorang istri korban MH370, Nurlaila Ngah mengungkapkan harapannya untuk mendapatkan jawaban yang solid mengenai apa yang terjadi.

"Dalam industri penerbangan, tragedi memang bisa saja terjadi. Namun, pasti ada petunjuk mengenai bagaimana tragedi itu bisa terjadi," katanya, seperti dilansir dari AFP, Senin 30 Juli 2018.

"Tidak masuk akal jika mereka mengatakan tidak ada petunjuk mengenai apa pun yang terjadi," imbuhnya.

Sementara itu, suami pramugari MH370, Calvin Shim mengatakan dia pesimis akan laporan tersebut. "Saya tidak mengharapkan ada yang baru dari laporan ini. Kotak hitam belum ditemukan, puing pesawat juga belum ditemukan," ungkap dia.

Meski demikian, dia berharap pemerintah akan mencoba mencari petunjuk baru dan mempertimbangkan untuk melanjutkan pencarian.

Sejauh ini, hanya tiga puing yang ditemukan dan dikonfirmasi sebagai bagian dari MH370. Semuanya ditemukan di pantai Samudera Hindia barat. 

Pesawat Malaysia Airlines menghilang pada Maret 2014 dengan 239 orang – sebagian besar dari Tiongkok – di pesawat, dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Beredar sejumlah teori mengenai hilangnya pesawat, mulai dari kecelakaan hingga pembajakan atau plot teror.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close