Kembali Dihidupkan, Siapa Yang Biayai Partai Buruh?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Partai buruh bakal kembali dihidupkan dan hari ini sampai besok, Kongres Partai Buruh itu dilaksanakan. Bahkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan target Partai Buruh bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Satu pertanyaan yang kemudian muncul, siapa yang yang bakal membiayai partai ini?

Berita Lainnya

Pada Minggu (3/10/2021) kemarin, Said Iqbal blak-blakan tentang sumber dana Partai Buruh. Dia mengatakan Partai Buruh bakal dibiayai dari iuran para anggotanya.

“Partai Buruh dalam konstitusi yang disepakati 11 organisasi pendiri Partai Buruh yang baru, pembiayaan organisasi adalah dari anggota,” kata Said Iqbal dalam konferensi pers-nya.

Iqbal mengatakan, iuran akan ditetapkan sebesar Rp 50 ribu per anggota. Pembayaran iuran juga akan ditetapkan melalui kongres masing-masing organisasi pendiri Partai Buruh.

Misalnya, Iqbal menyebutkan, kongres Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) membolehkan anggotanya membayar iuran ke Partai Buruh secara sukarela.

“KSPI juga demikian, KPBI (Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia) juga ada keputusan kongres, apalagi SPI (Serikat Petani Indonesia). Itu keputusan kongres,” kata dia.

Menurut Iqbal, langkah ini juga dilakukan dalam pembiayaan organisasi buruh. FSPMI, misalnya, sejak 25 tahun lalu sudah memungut iuran dari anggotanya. Dalam sebulan, iuran anggota FSPMI berkisar Rp 2-2,5 miliar. Penggunaan iuran tersebut, kata Iqbal, juga dilaporkan dan diaudit akuntan publik.

“Ini yang mendasari kenapa jadi basis kuat dalam membiayai organisasi, yaitu iuran anggota partai yang tahap pertama kami akan siapkan 100 ribu orang bayar iuran,” ujar Iqbal.[fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *