Kemenag Resmi Rilis Buku Teks Baru PAI

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Setelah mewacanakan penghapusan materi jihad dan perang dalam mata pelajaran siswa, Kemenag akhirnya resmi meluncurkan buku baru pelajaran Agama Islam jenjang SD, SMP dan SMA. Peluncuran buku itu ditandai dengan penyerahan buku dari Menteri Agama Fahrul Razi kepada Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud. Buku baru itu mulai digunakan tahun 2020.

Menag yang juga Mantan Jenderal TNI itu mengatakan, Indonesia adalah negara yang sangat menjunjung tinggi keberagaman. Karenanya, sikap saling menghargai dan menjunjung toleransi sangat penting bagi setiap warga negara khususnya dalam menjalankan keyakinan agamanya masing masing.

Berita Lainnya

“Moderasi bergama masih menjadi pekerjaan besar kita, khususnya di lingkungan dunia pendidikan melalui PAI termasuk pendidikan budi pekerti. Islam adalah agama keseimbangan dan rahmatan lil Alamin,” katanya dalam sambutan pada acara Sarasehan Bulan Bakti PAI di Kota Bekasi Sabtu (14/12/2019), siang.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin menambahkan, buku teks PAI untuk sekolah merupakan produk legacy kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Menurutnya,  buku PAI disusun dengan mempertimbangkan tiga hal sebagai distingsi. Pertama, buku tersebut memberikan pemahaman yang benar kepada anak-anak agar dapat membentuk pribadi muslim yang saleh. Sehingga bisa menjalankan agamanya dengan baik.

Kedua, kata Kamaruddin, buku pelajaran bari itu memberi pemahaman yang benar kepada anak-anak. Terutama bagaimana fungsi agama dapat mempererat hubungan sosial, saling menghargai perbedaan ras dan agama, sehingga terbentuk individu yang toleran dan religius.

Ketiga, guru harus atraktif dan interaktif, sehingga pesan dan isi dari buku tersebut dapat disampaikan dengan menarik. “Pendidikan Agama Islam di sekolah tidak hanya membuat anak-anak itu pintar, tapi harus dapat membentuk kepribadian anak sesuai dengan perkembangan zaman,” ujarnya.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *