Kemendag Pastikan Bapok di Banten Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kementerian Perdagangan memastikan kestabilan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) di berbagai daerah menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Termasuk juga di Provinsi Banten.

“Lebih dari dua tahun terakhir ini pemerintah telah berhasil menjaga harga dan pasokan bapok tetap stabil menjelang peringatan hari besar keagamaan nasional (HBKN),” ujar Inspektur II Kemendag Etti Susilowaty, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (22/11/2019).

Muat Lebih

“Kemendag berkomitmen melanjutkan kesuksesan tersebut dengan melakukan upaya-upaya antisipasi dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait bapok di daerah, termasuk di Provinsi Banten yang berpotensi menyumbang inflasi menjelang akhir tahun,” tambahnya.

Hal itu dikatakan Etti, saat terjun langsung meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Rau, Serang, Banten. Berdasarkan pantauan di Pasar Rau, Etti mengungkapkan harga bapok relatif stabil. Pada pantauan tersebut, Etti didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Babar Suharso dan Kepala Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Fahrurroji.

“Hasil pantauan kami pada hari ini menunjukkan harga bapok stabil dan pasokan cukup. Mudah-mudahan kondisi ini akan terus terjadi sampai nanti usai tahun baru,” ujar Etti.

Usai meninjau bapok di pasar rakyat, Etti meninjau kesiapan pasokan bapok di Gudang Bulog GBB Umbul Tengah dan Gudang Alfamart Serang, serta menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kesiapan Bapok Menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2019.

Etti mengungkapkan, pasokan beras di Gudang Bulog tersebut aman. Lebih lanjut, secara keseluruhan, di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, pasokan beras untuk Provinsi Banten tercatat sebanyak 98 ribu ton dan cukup memenuhi kebutuhan hingga delapan bulan ke depan.

“Sedangkan di Gudang Alfamart, pasokan bahan makanan olahan yang biasanya mengalami lonjakan permintaan pada Natal dan Tahun Baru juga aman hingga tiga bulan mendatang,” tuntasnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *