Kemendagri Bakal Ajak Pemda di Seluruh Indonesia Ikut Mencegah Ajaran Radikal

  • Whatsapp
Diskusi media FMB 9

INDOPOLITIKA.COM – Direktur Kewaspadaan Nasional Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akbar Ali mengatakan pihaknya menggandeng pemda (pemerintah daerah) dalam menangkal ajaran radikalisme. Salah satunya dengan membentuk forum-forum untuk menagkal gerakan radikal tersebut.

“Kita juga ada forum-forum yang memonitor dan memantau gerakan-gerakan radikal di berbagai daerah tersebut. Selain itu ada forum pembinaan untuk pembinaan napi teroris yang tersebar di daerah-daerah tersebut,” ujar Akbar Ali di Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Muat Lebih

Saat disinggung soal penggunaan pakaian dinas diberbagai kantor kementerian, kata Akabar itu sudah ada aturannya. Bahkan kata dia, penggunaan hijab hingga cadar sudah pula diatur disana.

“Yang penting enak dipandang dan tidak ekslusif. Kebetulan di kalangan Kemendagri memang tak ada yang bercadar. Sedangkan untuk pegawai Pemda diserahkan aturannya pada pemda masing-masing guna menerapkan kearifan lokalnya. Misalanya seperti Pemda Riau dikedepanan pemakaian seragam dinasnya yang tertutup (untuk wanita) sesuai kearifan lokalnya,” tukasnya.

Menurut Akbar Ali, pencegahan untuk menangkal ajaran radikal di daerah-daerah menjadi tanggungjawab bersama. “Rakyat turut pula memantau jika ada kelompok-kelompok yag tinggal di daerahnya mencoba menyebarkan ajaran radikal maka dapat melaporkannya ke pemerintah dan pemerinah yang akan melakukan penertibannya sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.

Ia menambahkan, memang jika sudah ada kebencian di satu kelompok masyarakat dan dikemas dalam ajaran agama yang dangkal maka memang dapat menjadi ajaran yang radikal. “Di samping kemiskinan juga dapat menjadi salah satu faktor pendorong terbentuknya kelompok radikal tersebut,” pungkasnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *