Kemendagri Tunjuk Wagub Sulsel Sudirman Sulaiman Sebagai Plt Gubernur Paska Nurdin Jadi Tersangka

  • Whatsapp
Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (tribun)

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Dr Ir HM Nurdin Abdullah MAgr telah ditetapkan jadi tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam konferensi pers Minggu (28/2/2021).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun langsung menunjuk Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur. Itu untuk memastikan roda pemerintahan di Pemprov Sulsel tetap berjalan.

Berita Lainnya

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan, pihaknya per hari ini Minggu (28/2/2021) akan langsung menugaskan Andi Sudirman Sulaiman untuk menggantikan Nurdin Abdullah.

Sudirman Sulaiman akan memegang kendali Pemprov Sulsel sampai ada putusan resmi dari pengadilan ihwal kasus yang membelit NA.

Berdasarkan prosedur yang ada, Sudirman Sulaiman tidak serta merta bisa ditetapkan sebagai gubernur defenitif bila Nurdin Abdullah inkrah ditetapkan bersalah di pengadilan, melainkan harus melalui proses yang panjang.

“Yah semua ada prosedurnya, pasti nanti DPRD mengusulkan dulu berdasarkan salinan putusan pengadilan, nanti DPRD mengusulkan ke Presiden melalui Menteri,” urai Akmal kepada awak media, Minggu (28/2/2021).

Jika proses diatas dilalui, Andi Sudirman Sulaiman yang kini usianya memasuki 37 tahun, bakal jadi Gubernur Sulsel termuda. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *